Penerapan Algoritma Monte Carlo Tree Search Pada Permainan Komputer Maze Treasure
Main Author: | Ahsani, Nazzun Hanif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1565/1/Nazzun%20Hanif%20Ahsani.pdf http://repository.ub.ac.id/1565/ |
Daftar Isi:
- Pada penelitian terdahulu, algoritma Monte Carlo Tree Search (MCTS) terbukti telah sukses diterapkan pada permainan turn-based GO. Pada penerapan tersebut, MCTS telah menghasilkan skor tertinggi dibanding dengan skor-skor sebelumnya. Penerapan MCTS juga dilakukan pada permainan realtime Ms. Pac-man dimana dihasilkan skor yang memuaskan dibanding dengan skor tertinggi sebelumnya. Melihat kesuksesan penerapan MCTS tersebut, pada penelitian disini dilakukan penerapan MCTS pada agen enemy dalam permainan Maze Treasure. Penelitian dilakukan dengan mengikuti beberapan tahapan yang meliputi, studi literatur, perancangan simulasi dan algoritma MCTS, implementasi simulasi dan algoritma MCTS, pengujian, dan penutup. Pada Proses perancangan dan implementasi MCTS, dilakukan dengan menerapakan keempat tahapan MCTS, yaitu selection, exploration, play-out, dan backpropagation. Kemudian pada tahap pengujian akan dilakukan pengujian pada 25 map simulasi labirin yang berbeda. Pengujian dilakukan untuk mengetahui menvalidasi behavior dan performa agen dalam permainan. Untuk validasi behavior dilakukan dengan cara melihat tingkat completeness. Tingkat completeness tersebut diuji dengan cara membandingkan skor yang didapatkan agen dan skor yang tersedia. Completeness akan bernilai benar apabila skor yang didapatkan oleh agen dan skor yang tersedia memiliki nilai yang sama. . Hasil dari pengujian validasi behavior menunjukkan bahwa tingkat completeness dari 25 map simulasi adalah 100%, dimana completeness tiap map bernilai benar semua. Untuk pengujian performa dilakukan dengan membandingkan besar frames per second (FPS) pada tiap map simulasi. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata performa terbaik ada pada map ukuran 16x12 grid sebesar 261.78 FPS. Adapun rata-rata performa terburuk ada pada map ukuran 52x39 grid sebesar 28.72 FPS. Peningkatan ukuran map labirin akan menyebabkan penurunan terhadap performa. Penggunaan MCTS pada ukuran map diatas 52x39 grid akan menyebabkan permainan tidak layak dimainkan, dimana minimum FPS untuk permainan yang layak dimainkan sebesar 30 FPS.