Kualitas Pelayanan pada Kemitraan Ayam Pullet di Kabupaten Malang (Studi Kasus pada PT. Adiguna Bintang Lestari)

Main Author: Nurponco, Nugroho
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/155989/
Daftar Isi:
  • Kebutuhan peternak plasma akan sangat menentukan kualitas yang akan diberikan oleh PT. Adiguna Bintang Lestari sehingga kualitas yang tinggi bukan berdasar pada persepsi perusahaan melainkan berdasar pada persepsi peternak plasma. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesesuaian customer value, perceived price, corporate image and service quality yang diberikan oleh PT. Adiguna Bintang Lestari dengan harapan pelanggan. Data mengenai customer value, perceived value, corporate image and service quality dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada 27 peternak plasma yang tergabung dalam kemitraan ayam pullet dengan PT. Adiguna Bintang Lestari. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik Importance Performance Analysis (IPA). Hasil Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa beberapa atribut dari variabel customer value yang meliputi kualitas DOC, kualitas pakan dan kuantitas pakan menunjukkan imbangnya harapan peternak dengan pelayanan yang diberikan perusahaan. Sedangkan atribut kepadatan kandang serta kuantitas DOC tidak menjadi tuntutan bagi peternak namun tetap mendapatkan perhatian yang sangat baik dari Perusahaan. Pada variabel Perceived Price , atribut biaya pemeliharaan pullet menunjukkan bahwa peternak cukup puas dengan kebijakan yang ditetapkan Perusahaan. Sedangkan atribut insentif performance tidak terlalu diharapkan oleh peternak dan Perusahaan juga tidak menjadikannya sebagai prioritas. Pada variabel Corporate Image , atribut usaha kemitraan ayam pullet menjadi suatu bidang usaha yang sangat di harapkan oleh peternak dan perusahaan juga memberikan kesempatan dan pelayanan yang sangat baik. Sedangkan atribut peran perusahaan di bidang sosial masyarakat tidak menjadi prioritas, baik bagi peternak maupun perusahaan. Selanjutnya, lima atribut dari variabel Service Quality yang meliputi program pemeliharaan, program kesehatan, keberadaan petugas penyuluh lapangan, keberadaan team vaksinator dan penanganan kasus telah terlayani secara baik oleh perusahaan sesuai dengan harapan peternak. Atribut program replacement dan keberadaan penyuluhan/kursus/seminar tidak menjadi prioritas bagi peternak maupun perusahaan. Sebagai catatan, dua atribut lainnya yaitu program penimbangan dan program potong paruh, tidak menjadi perhatian bagi peternak tetapi dilaksanakan dengan sangat baik oleh perusahaan. Sebaliknya atribut jadwal panen, suatu hal yang sangat diharapkan tepat waktu oleh peternak, pelaksanaannya sering tidak sesuai dengan jadwal sehingga peternak masih belum puas dengan kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil analisis IPA, umumnya kinerja perusahaan berada di atas rata-rata harapan peternak plasma, sehingga dapat dikatakan peternak plasma merasa puas atas kinerja perusahaan PT. Adiguna Bintang Lestari. Untuk itu perusahaan harus mampu mempertahankan kesesuaian atribut-atribut yang terdapat dalam kuadran B . Atribut jadwal panen pada variabel Service Quality termasuk dalam Kuadran A , perlu mendapat perhatian khusus untuk ditingkatkan manajemennya. Sedangkan atribut-atribut pada variabel Customer Value dan Service Quality yang meliputi Kuantitas DOC, Program Penimbangan dan Program Potong Paruh, masuk dalam Kuadran D merupakan hal-hal yang dianggap tidak penting oleh pelanggan tetapi dilakukan sangat baik oleh perusahaan. Mengingat pentingnya program-program tersebut, maka pengkoordinasian serta pembinaan yang lebih luas kepada peternak tentang hal ini perlu untuk dilakukan sehingga target produksi ayam pullet yang berkualitas dapat dicapai.