Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Institusonal, Leverage, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Study Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2010-2013)

Main Author: Sienatra, KrismiBudi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/155824/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa dampak dari kepemilikan manajerial dan institusional, leverage, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan tiga variable yaitu : eksogen, endogen, dan variable intervening. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010 hingga 2013 sejumlah 133 perusahaan. Sampel perusahaan diambil dengan metode sensus dan didapatkan 35 perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis dalam penelitian ini menggunakan model analisis jalur dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan kepemilikan manajerial dan institusional, leverage dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil berbeda didapatkan ketika leverage dan kebijakan dividen menjadi mediasi antara kepemilikan manajerial dan institusional terhadap nilai perusahaan dimana tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Ketika leverage menjadi mediasi antara kepemilikan manajerial dan institusional terhadap nilai perusahaan ditemukan hasil yang signifikan daripada pengaruh langsung kepemilikan manajerial dan institusional terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan kepemilikan manajerial dan institusional serta leverage mampu memaksimalkan nilai perusahaan serta mengkonfirmasi teori keagenan. Teori keagenan mengemukakan untuk mengatasi konflik keagenan dengan dua cara yaitu memaksimalkan kepemilikan dan menggunakan utang sebagai kontrol. Hasil temuan ini mendukung teori keagenan dimana kepemilikan dan utang sebagai cara mengurangi konflik mampu meningkatkan nilai perusahaan.