Analisis Variabel Fundamental Yang Berpengaruh Terhadap Price Earning Ratio (PER) Sebagai Dasar Penilaian Saham Pada Perusahaan Automotive And Allied Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Main Author: | Rahma, ErlinYulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/155791/ |
Daftar Isi:
- Investor dalam menanamkan dananya pada saham sangat berkepentingan terhadap return. Oleh karena, sebelum menanamkan dananya investor perlu melakukan analisis terhadap kemampuan perusahaan. Salah satu analisis fundamental yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian saham adalah dengan menggunakan Price Earning Ratio. Analisis ini didasarkan atas kepercayaan bahwa nilai suatu saham sangat dipengaruhi oleh kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabel fundamental yang mempengaruhi price earning ratio dari perusahaanperusahaan automotive and allied yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel-variabel tersebut adalah return on equity, debt equity ratio, earning per share, dividend payout ratio, price to book value dan earning growth. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau sampel sensus. Sampel akhir yang diperoleh sebanyak 6 perusahaan selama periode 2007 sampai 2011. Teknik analisis menggunakan regresi berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel return on equity berpengaruh negatif signifikan terhadap price earning ratio, price to book value berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap price earning ratio. Koefisien determinasi sebesar 0,536 yang berarti bahwa kemampuan model regresi untuk memprediksi adalah sebesar 53,6 %