Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agency Cost Dan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Main Author: Maryam, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/155674/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan terhadap agency cost dan kinerja perusahaan. Selain itu, pengaruh tidak langsung antara struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap agency cost juga di teliti dalam penelitian ini. Populasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 perusahaan di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian tahun 2010-2014. Jumlah sampel penelitian sama seperti dengan jumlah populasi dengan metode sensus. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis jalur. Hasil penilitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan negatif antara ukuran perusahaan terhadap agency cost dan terdapat pengaruh signifikan negatif agency cost terhadap kinerja perusahaan, tidak terdapat pengaruh antara struktur modal terhadap agency cost dan tidak terdapat pengaruh struktur modal terhadap kinerja perusahaan, serta tidak terdapat pengaruh ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan. Kata Kunci: Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Agency Cost, Kinerja Perusahaan.