Pengaruh Faktor Internal terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan” (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sector Makanan dan Minuman Periode 2011-2013)

Main Author: Kusumastuti, AnggitDyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/155672/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kondisi perusahaan secara keseluruhan melalui analisis fundamental mikro. Pada analisis fundamental mikro, hal-hal yang dianalisis meliputi beberapa faktor internal perusahaan, seperti ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, return on equity, current ratio, dan net working capital. Struktur modal atau keputusan pendanaan akan sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan. Manajer harus mampu menghimpun dana baik yang bersumber dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan secara efisien, dalam arti keputusan pendanaan tersebut mampu meminimalkan biaya modal yang harus ditanggung perusahaan. Keputusan mengenai dana yang akan digunakan oleh perusahaan melalui hutang atau dengan penjualan saham akan sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan khususnya dalam rangka memaksimalkan kemakmuran atau kekayaan para pemegang saham atau pemilik yang akan tercermin melalui harga saham perusahaan. Dengan demikian perusahaan perlu menyeimbangkan kedua sumber tersebut sehingga dapat memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh faktor internal terhadap struktur modal, (2) menganalisis dan menjelaskan pengaruh faktor internal terhadap nilai perusahaan, (3) menganalisis dan menjelaskan pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian yang digunakan adalah perusahaan manufaktur sub sector makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013 dengan total sampel berjumlah 12 perusahaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian yang diperoleh diketahui bahwa (1) variabel faktor internal memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, (2) variabel faktor internal memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) variabel struktur modal memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan adalah manajemen disarankan untuk lebih meningkatkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba yang dapat diketahui dari persentase tingkat pertumbuhan penjualan perusahaan. Hal ini dikarenakan semakin tinggi profitabilitas perusahaan maka akan meningkatkan nilai perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan ix menggunakan obyek penelitian dari kelompok perusahaan yang berbeda dan periode penelitian yang lebih lama agar hasil yang diperoleh lebih akurat. Disamping itu juga untuk menambahkan jumlah indikator pada variabel faktor internal, struktur modal dan nilai perusahaan. Kata kunci : faktor internal perusahaan, struktur modal dan nilai perusahaan.