Pengaruh Etika Bisnis terhadap Daya Saing Pengusaha Kecil Suku Madura (Studi Kasus di Kota Malang dan Kota Surabaya)
Main Author: | Tsabit, AhmadMajdi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/155471/ |
Daftar Isi:
- Dunia usaha yang semakin berkembang membutuhkan pengelolaan yang semakin baik dan mendukung terciptanya iklim bisnis yang baik dan sehat. Etika bisnis tidak disangkal lagi memiliki peran yang sangat besar dalam hal tersebut. Etika bisnis berperan sangat besar karena fungsinya yang jika dapat diterapkan secara konsisten dapat membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai yang tinggi. Dengan melaksanakan etika yang benar, akan terjadi keseimbangan hubungan antara pengusaha dengan masyarakat, pelanggan, pemerintah, dan pihak-pihak yang berkepentingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh etika bisnis dan Kewirausahaan stratejik terhadap daya saing, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Surabaya dan Kota Malang dengan menggunakan metode Random Sampling, dengan jumlah sampel sebesar 40 responden. Sampel penelitian adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi, yaitu Pengusaha Madura yang berada di Surabaya dan di Malang. Sedangkan metode yang digunakan untuk menguji dan menganalisis data adalah analisis jalur ( path analysis ) dengan menggunakan bantuan software SPSS ( Statistical Package for Social Science ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Etika Bisnis dan Kewirausahaan Stratejik berpengaruh terhadap Daya Saing, baik secara langsung maupun tidak. Dan dari hasil penelitian tersebut menerangkan bahwa pengaruh yang paling kuat bersumber dari etika bisnis terhadap kewirausahaan strategik.