Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum melalui Pendekatan Sistem Lunak (Soft System) (Studi pada Perpustakan Umum Kota Kediri)

Main Author: Purboningsih, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/155459/
ctrlnum 155459
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/155459/</relation><title>Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum melalui Pendekatan Sistem Lunak (Soft System) (Studi pada Perpustakan Umum Kota Kediri)</title><creator>Purboningsih, Dewi</creator><subject>027.4 Public libraries</subject><description> &#xD; Peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan umum merupakan suatu kegiatan yang berkelanjutan dilaksanakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup organasasi tersebut, sehingga perpustakaan dapat melaksanakan fungsinya, antara lain fungsi pendidikan, fungsi informati, fungsi penelitian, dan fungsi rekreatif. Mengingat, kualitas pelayanan perpustakaan umum di Indonesia masih jauh dari tujuan yang diharapkan. &#xD; Upaya peningkatan kualitas perpustakaan melalui tahahan proses (input-ouput) dan memperhatikan beberapa unsur pada setiap tahapan, meliputi: unsure unsur sumber daya pengelola, termasuk dalam tahapan input, unsur sistem pelayanan termasuk dalam proses, sedangkan unsur pelanggan termasuk dalam tahapan output. Dalam penelitian ini akan diuraikan tahapan dalam meningkatkan mutu perpustakaan umum agar tujuan-tujuan yang direncanakan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tahapan pertama, menganalisis manajemen pelayanan terhadap organisasi; kedua, melakukan penilaian kualitas dari sudut pandang/ atau persepsi pemustaka. Selanjutnya dilakukan proses penilaian terhadap kualitas pelayanan tersebut dari sudut pandang pengguna maupuan pengelola. Menurut parasuraman ada 5 dimensi untuk menentukan kualitas pelayanan meliputi, tangibles, realiability, responsiveness, assurance dan empathy . Maka, dalam proses peningkatan pelayanan pada organisasi publik dan khususnya perpustakaan umum, diperlukan suatu pengkajian yang mendalam terhadap masalah ( problem ) yang terjadi dalam organisasi tersebut melalui pendekatan sistem lunak. Soft system methodology sebuah pendekatan untuk memecahkan situasi masalah kompleks yang tidak terstruktur berdasarkan analisis holistik dan berpikir sistem. &#xD; Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis Manajemen pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri, penilaian pemustaka terhadap kualitas pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri, proses peningkatan kualitas pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri melalui pendekatan sistem lunak ( soft system ). &#xD; Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metodologi sistem lunak (Soft system methodology). Pertama, pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Kedua, pelaksanaan penelitian dengan metodologi sistem lunak ( Soft System Methodolgy ) sebagai tindak lanjut penelitian tahap pertama. Metode penelitian ini dikembangkan dengan tujuan memecahkan masalah yang dihadapi oleh suatu institusi. Analisa penelitian ini dengan menggunakan analisa kualitatif, kemudian dilakukan analisis secara strukturisasi dengan berdasarkan tahapan-tahapan dalam soft system methodology (SSM): mengenali situasi permasalahan; mengungkapkan situasi permasalahan; pembuatan definisi sistem permasalahan; membangun model konseptual dengan situasi permasalahan; perbandingan model yang diinginkan; perubahan model yang diinginkan; tindakan perbaikan. &#xD; Hasil dari penelitian ini, permasalahan muncul dari manjemen pelayanan perpustakaan umum kota kediri, meliputi: jumlah tenaga atau staf dan pustakwan kurang memadai, terkendala pada anggaran sehingga banyak program pelayanan tidak berjalan, penggunaan sistem manual pada layanan sirkulasi menyebabkan pengelola kesulitan untuk memberikan informasi tentang ketersediaan buku, beberapa fasilitas kurang efekti dan tidak dimanfaatkan oleh pengunjung, dan tidak terpenuhinya kebutuhan pemustaka. Oleh karna itu, penerapan model LSQ merupakan tahapan proses peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan umum, yang meliputi 3 (tiga) tahapan antara lain: tahapan pertama disebut input (masukan) yang terdiri dari beberapa unsur atau komponen seperti halnya analisa kebutuhan pemustaka, dukungan struktur, sumber daya manusia dan anggaran. Tahapan kedua, disebut process (proses) merupakan suatu aktivitas atau sistem kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Dalam tahapan proses berdasarkan indikator &#x2018;3 Es` (efficacy, effectiveness, efficiency). Tahapan ketiga, disebut output (keluaran) merupakan hasil yang diharapkan yakni mencapai layanan prima dalam pelayanan perpustakaan umum.&#xD; </description><date>2014-02-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Purboningsih, Dewi (2014) Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum melalui Pendekatan Sistem Lunak (Soft System) (Studi pada Perpustakan Umum Kota Kediri). Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/027.4/PUR/p/041407758</relation><recordID>155459</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Purboningsih, Dewi
title Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Umum melalui Pendekatan Sistem Lunak (Soft System) (Studi pada Perpustakan Umum Kota Kediri)
publishDate 2014
topic 027.4 Public libraries
url http://repository.ub.ac.id/155459/
contents Peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan umum merupakan suatu kegiatan yang berkelanjutan dilaksanakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup organasasi tersebut, sehingga perpustakaan dapat melaksanakan fungsinya, antara lain fungsi pendidikan, fungsi informati, fungsi penelitian, dan fungsi rekreatif. Mengingat, kualitas pelayanan perpustakaan umum di Indonesia masih jauh dari tujuan yang diharapkan. Upaya peningkatan kualitas perpustakaan melalui tahahan proses (input-ouput) dan memperhatikan beberapa unsur pada setiap tahapan, meliputi: unsure unsur sumber daya pengelola, termasuk dalam tahapan input, unsur sistem pelayanan termasuk dalam proses, sedangkan unsur pelanggan termasuk dalam tahapan output. Dalam penelitian ini akan diuraikan tahapan dalam meningkatkan mutu perpustakaan umum agar tujuan-tujuan yang direncanakan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tahapan pertama, menganalisis manajemen pelayanan terhadap organisasi; kedua, melakukan penilaian kualitas dari sudut pandang/ atau persepsi pemustaka. Selanjutnya dilakukan proses penilaian terhadap kualitas pelayanan tersebut dari sudut pandang pengguna maupuan pengelola. Menurut parasuraman ada 5 dimensi untuk menentukan kualitas pelayanan meliputi, tangibles, realiability, responsiveness, assurance dan empathy . Maka, dalam proses peningkatan pelayanan pada organisasi publik dan khususnya perpustakaan umum, diperlukan suatu pengkajian yang mendalam terhadap masalah ( problem ) yang terjadi dalam organisasi tersebut melalui pendekatan sistem lunak. Soft system methodology sebuah pendekatan untuk memecahkan situasi masalah kompleks yang tidak terstruktur berdasarkan analisis holistik dan berpikir sistem. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis Manajemen pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri, penilaian pemustaka terhadap kualitas pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri, proses peningkatan kualitas pelayanan Perpustakaan Umum Kota Kediri melalui pendekatan sistem lunak ( soft system ). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metodologi sistem lunak (Soft system methodology). Pertama, pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Kedua, pelaksanaan penelitian dengan metodologi sistem lunak ( Soft System Methodolgy ) sebagai tindak lanjut penelitian tahap pertama. Metode penelitian ini dikembangkan dengan tujuan memecahkan masalah yang dihadapi oleh suatu institusi. Analisa penelitian ini dengan menggunakan analisa kualitatif, kemudian dilakukan analisis secara strukturisasi dengan berdasarkan tahapan-tahapan dalam soft system methodology (SSM): mengenali situasi permasalahan; mengungkapkan situasi permasalahan; pembuatan definisi sistem permasalahan; membangun model konseptual dengan situasi permasalahan; perbandingan model yang diinginkan; perubahan model yang diinginkan; tindakan perbaikan. Hasil dari penelitian ini, permasalahan muncul dari manjemen pelayanan perpustakaan umum kota kediri, meliputi: jumlah tenaga atau staf dan pustakwan kurang memadai, terkendala pada anggaran sehingga banyak program pelayanan tidak berjalan, penggunaan sistem manual pada layanan sirkulasi menyebabkan pengelola kesulitan untuk memberikan informasi tentang ketersediaan buku, beberapa fasilitas kurang efekti dan tidak dimanfaatkan oleh pengunjung, dan tidak terpenuhinya kebutuhan pemustaka. Oleh karna itu, penerapan model LSQ merupakan tahapan proses peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan umum, yang meliputi 3 (tiga) tahapan antara lain: tahapan pertama disebut input (masukan) yang terdiri dari beberapa unsur atau komponen seperti halnya analisa kebutuhan pemustaka, dukungan struktur, sumber daya manusia dan anggaran. Tahapan kedua, disebut process (proses) merupakan suatu aktivitas atau sistem kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Dalam tahapan proses berdasarkan indikator ‘3 Es` (efficacy, effectiveness, efficiency). Tahapan ketiga, disebut output (keluaran) merupakan hasil yang diharapkan yakni mencapai layanan prima dalam pelayanan perpustakaan umum.
id IOS4666.155459
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:55:41Z
last_indexed 2021-10-28T07:41:35Z
recordtype dc
_version_ 1751454858230104064
score 17.538404