Implementasi Algoritma Genetika dan Logika Fuzzy untuk Optimasi Perlengkapan dan Perilaku Musuh dalam Permainan Action-RPG
Main Author: | Purba, KristoRadion |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/155424/ |
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini, dirancang sebuah permainan bertipe Action-RPG yang berjudul " Song of Ruination 2". Dalam permainan ini diterapkan algoritma genetika untuk mengoptimasi perlengkapan yang dipakai oleh musuh dan pemain, dan juga diterapkan logika fuzzy untuk mengoptimasi perilaku musuh. Dalam permainan ini, setiap musuh dan pemain memiliki status kekuatan, yang terdiri dari attack (Kekuatan serang), defense (Ketahanan), speed (Kecepatan gerak), agility (Kemampuan menghindar) dan life (Nyawa). Nilai dari status ini dapat berubah-ubah dengan dinamis. Algoritma genetika akan mengoptimalkan perlengkapan ( Gloves, armor, shoes ) yang dipakai oleh musuh dan pemain, sehingga status musuh dan pemain merata. Pemerataan status dilihat dari nilai standar deviasi, semakin kecil semakin baik. Selain algoritma genetika, permainan ini juga menerapkan logika fuzzy untuk perilaku musuh. Terdapat 3 jenis musuh, yaitu penyerang, pemanah dan boss . Musuh penyerang mundur ketika nyawanya lemah atau jaraknya dekat dengan pemain. Musuh penembak mundur ketika didekati pemain atau ketika amunisinya sedikit. Musuh boss sangat agresif, ia mundur ketika nyawanya sangat sedikit. Dari hasil penelitian dan pengujian kepada beberapa responden, algoritma genetika ini menghasilkan permainan yang sedikit semakin sulit karena perlengkapan yang dipakai musuh optimal. Logika fuzzy menghasilkan permainan yang secara signifikan semakin sulit, karena perilaku musuh semakin cerdik.