Identifikasi pola sidik jari untuk klasifikasi jenis kecerdasan pada anak

Main Author: Fakhrina, FaizaAlif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/155408/
ctrlnum 155408
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/155408/</relation><title>Identifikasi pola sidik jari untuk klasifikasi jenis kecerdasan pada anak.</title><creator>Fakhrina, FaizaAlif</creator><subject>005.1 Programming</subject><description> Setiap manusia memiliki pola sidik jari yang unik. Pola sidik jari yang dimiliki oleh setiap manusia bersifat unik. Pola ridge pada jari tidak akan pernah berubah selama hidup manusia tersebut. Pola ridge merupakan ciri pada sidik jari yang dapat digunakan untuk identifikasi biometrik. Para peneliti menemukan bahwa antara epidermal ridge memiliki hubungan yang bersifat ilmiah dengan kode genetika dari sel otak dan potensi intelegensia seseorang. Penelitian yang dilakukan oleh Howard Gardner menyatakan bahwa tes sidik jari dapat menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan seseorang. Tingkat kecerdasan pada anak dapat dideteksi menggunakan sebuah teknologi bernama Dermatoglyphic Multiple Intelligence (DMI). Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan di atas penulis ingin membuat sebuah sistem pengenalan pola sidik jari untuk mengetahui jenis kecerdasan anak. Pada penelitian ini dikemukakan sebuah metode yang dapat menyelesaikan permasalahan dalam menentukan jenis kecerdasan yang dimiliki seorang anak melalui citra sidik jari. Salah satu metode yang digunakan untuk mengolah citra sidik jari adalah thinning Zhang-Suen dan Stentiford untuk mendapatkan ciri minutiae dari setiap pola sidik jari. Minutiae yang digunakan adalah ridge ending atau termination dan bifurcation. Proses klasifikasi yang digunakan yaitu Linear Discriminant Analysis (LDA) untuk mengelompokkan nilai minutiae berdasarkan pola sidik jari. Hasil penelitian dari 30 data uji sidik jari, menunjukkan bahwa sistem dapat mengenali 20 citra sidik jari berdasarkan kesamaan dari pola yang seharusnya dan hasil uji sistem pengenalan pola sidik jari. Tingkat akurasi sistem pengenalan pola sidik jari pada penelitian ini sebesar 66%. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa jika seorang anak memiliki pola sidik jari whorl maka jenis kecerdasan yang dimiliki adalah pembelajaran kognitif, jika seorang anak memiliki pola sidik jari radial loop maka jenis kecerdasan yang dimiliki adalah critical thinking, dan jika seorang anak memiliki pola sidik jari ulnar loop maka jenis kecerdasan yang dimiliki adalah pembelajaran afektif. &#xD; </description><date>2016-08-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Fakhrina, FaizaAlif (2016) Identifikasi pola sidik jari untuk klasifikasi jenis kecerdasan pada anak. Magister thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>TES/005.115/FAK/i/2016/041611230</relation><recordID>155408</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Fakhrina, FaizaAlif
title Identifikasi pola sidik jari untuk klasifikasi jenis kecerdasan pada anak
publishDate 2016
topic 005.1 Programming
url http://repository.ub.ac.id/155408/
contents Setiap manusia memiliki pola sidik jari yang unik. Pola sidik jari yang dimiliki oleh setiap manusia bersifat unik. Pola ridge pada jari tidak akan pernah berubah selama hidup manusia tersebut. Pola ridge merupakan ciri pada sidik jari yang dapat digunakan untuk identifikasi biometrik. Para peneliti menemukan bahwa antara epidermal ridge memiliki hubungan yang bersifat ilmiah dengan kode genetika dari sel otak dan potensi intelegensia seseorang. Penelitian yang dilakukan oleh Howard Gardner menyatakan bahwa tes sidik jari dapat menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan seseorang. Tingkat kecerdasan pada anak dapat dideteksi menggunakan sebuah teknologi bernama Dermatoglyphic Multiple Intelligence (DMI). Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan di atas penulis ingin membuat sebuah sistem pengenalan pola sidik jari untuk mengetahui jenis kecerdasan anak. Pada penelitian ini dikemukakan sebuah metode yang dapat menyelesaikan permasalahan dalam menentukan jenis kecerdasan yang dimiliki seorang anak melalui citra sidik jari. Salah satu metode yang digunakan untuk mengolah citra sidik jari adalah thinning Zhang-Suen dan Stentiford untuk mendapatkan ciri minutiae dari setiap pola sidik jari. Minutiae yang digunakan adalah ridge ending atau termination dan bifurcation. Proses klasifikasi yang digunakan yaitu Linear Discriminant Analysis (LDA) untuk mengelompokkan nilai minutiae berdasarkan pola sidik jari. Hasil penelitian dari 30 data uji sidik jari, menunjukkan bahwa sistem dapat mengenali 20 citra sidik jari berdasarkan kesamaan dari pola yang seharusnya dan hasil uji sistem pengenalan pola sidik jari. Tingkat akurasi sistem pengenalan pola sidik jari pada penelitian ini sebesar 66%. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa jika seorang anak memiliki pola sidik jari whorl maka jenis kecerdasan yang dimiliki adalah pembelajaran kognitif, jika seorang anak memiliki pola sidik jari radial loop maka jenis kecerdasan yang dimiliki adalah critical thinking, dan jika seorang anak memiliki pola sidik jari ulnar loop maka jenis kecerdasan yang dimiliki adalah pembelajaran afektif.
id IOS4666.155408
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:55:37Z
last_indexed 2021-10-28T07:41:31Z
recordtype dc
_version_ 1751454408885927936
score 17.538404