Optimasi Penjadwalan Kereta Api Menggunakan Metode Branch and Bound (Studi Kasus pada Jadwal Kereta Api di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya Lintasan Stasiun Sidoarjo – Stasiun Malang

Main Author: Saputri, AnggraeniAyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/155297/
ctrlnum 155297
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/155297/</relation><title>Optimasi Penjadwalan Kereta Api Menggunakan Metode Branch and Bound (Studi Kasus pada Jadwal Kereta Api di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya Lintasan Stasiun Sidoarjo &#x2013; Stasiun Malang</title><creator>Saputri, AnggraeniAyu</creator><subject>510 Mathematics</subject><description> Kereta api merupakan angkutan umum yang banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu diperlukan penjadwalan yang tepat agar dapat mengoptimalkan waktu tempuh kereta api. Penjadwalan yang dimaksudkan adalah penjadwalan waktu kedatangan dan waktu keberangkatan kereta api. Jadwal yang digunakan adalah jadwal dari GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2015 yang berlaku mulai tanggal 1 April 2015. Pada skripsi ini dibangun sebuah model optimasi penjadwalan kereta api dengan pendekatan Pemrograman Linear Integer untuk meminimumkan waktu keterlambatan di lintasan Stasiun Sidoarjo &#x2013; Stasiun Malang Kotabaru. Untuk menyelesaikan optimasi penjadwalan tersebut digunakan algoritma Branch and Bound. Berdasarkan model optimasi yang telah dibangun, diperoleh total waktu keterlambatan minimal dari seluruh kereta api di lintasan Stasiun Sidoarjo &#x2013; Stasiun Malang Kotabaru sebesar 314 menit. &#xD; </description><date>2017-01-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Saputri, AnggraeniAyu (2017) Optimasi Penjadwalan Kereta Api Menggunakan Metode Branch and Bound (Studi Kasus pada Jadwal Kereta Api di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya Lintasan Stasiun Sidoarjo &#x2013; Stasiun Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/MIPA/2017/44/051700890</relation><recordID>155297</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Saputri, AnggraeniAyu
title Optimasi Penjadwalan Kereta Api Menggunakan Metode Branch and Bound (Studi Kasus pada Jadwal Kereta Api di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya Lintasan Stasiun Sidoarjo – Stasiun Malang
publishDate 2017
topic 510 Mathematics
url http://repository.ub.ac.id/155297/
contents Kereta api merupakan angkutan umum yang banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu diperlukan penjadwalan yang tepat agar dapat mengoptimalkan waktu tempuh kereta api. Penjadwalan yang dimaksudkan adalah penjadwalan waktu kedatangan dan waktu keberangkatan kereta api. Jadwal yang digunakan adalah jadwal dari GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2015 yang berlaku mulai tanggal 1 April 2015. Pada skripsi ini dibangun sebuah model optimasi penjadwalan kereta api dengan pendekatan Pemrograman Linear Integer untuk meminimumkan waktu keterlambatan di lintasan Stasiun Sidoarjo – Stasiun Malang Kotabaru. Untuk menyelesaikan optimasi penjadwalan tersebut digunakan algoritma Branch and Bound. Berdasarkan model optimasi yang telah dibangun, diperoleh total waktu keterlambatan minimal dari seluruh kereta api di lintasan Stasiun Sidoarjo – Stasiun Malang Kotabaru sebesar 314 menit.
id IOS4666.155297
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-27T08:55:32Z
last_indexed 2021-10-28T07:41:26Z
recordtype dc
_version_ 1751454409497247744
score 17.538404