Aplikasi Metode Rantai Markov Dan Multidimensional Scaling (Mds) Dalam Menganalisis Brand Switching Dan Brand Positioning Operator Seluler Gsm (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Matematika Universita
Main Author: | Alrianti, FitriSandy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/155112/ |
Daftar Isi:
- Persaingan ketat antar merek operator seluler mengharuskan masing-masing perusahaan perlu mengetahui perpindahan merek untuk setiap periode dan posisi masing-masing merek menurut persepsi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui probabilitas perpindahan merek dengan metode rantai Markov dan mengetahui posisi masing-masing merek menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS). Rantai Markov merupakan metode yang digunakan untuk memprediksi probabilitas pengguna suatu merek pada saat ini maupun di masa mendatang. MDS merupakan metode yang dapat mentransformasi tanggapan konsumen melalui kemiripan atau preferensinya ke dalam jarak yang direpresentasikan pada ruang multidimensi. Merek yang digunakan pada penelitian ini adalah Simpati, AS, IM3, Mentari, XL, Axis, dan Three. Variabel yang digunakan untuk mengetahui posisi masing-masing merek menurut persepsi konsumen meliputi paket internet, sinyal, biaya telepon dan SMS, serta layanan konsumen masing-masing merek. Diperoleh prediksi probabilitas pengguna merek GSM pada keadaan stasioner, yaitu pengguna merek Simpati sebesar 24,5%, AS 5,6%, IM3 30,6%, Mentari 4,3%, XL 13,5%, Axis 11,7% dan Three 9,8%. Menurut persepsi konsumen, merek GSM prabayar yang memiliki keunggulan sinyal kuat dan pelayanan konsumen yang memuaskan adalah Simpati dan AS. Merek IM3 dan Mentari unggul dalam biaya telepon dan SMS yang murah. Tujuh merek GSM prabayar memiliki fitur paket internet menarik.