Penggunaan Regresi Logistik Ordinal Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengunjung Perpustakaan (Studi Kasus: Pelayanan Upt Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya)

Main Author: Kusumawardani, NurPradina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/155057/
Daftar Isi:
  • Perpustakaan sebagai penyedia layanan tentu tak luput dari berbagai masalah yang disebabkan oleh beragamnya karakter pengguna dan bervariasinya kebutuhan serta cara pemenuhan masing-masing. Menurut data yang dihimpun oleh e-complain Universitas Brawijaya masih terdapat beberapa mahasiswa yang mengeluhkan pelayanan yang diberikan oleh UPT Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya dan didukung pula oleh menurunnya pengunjung perpustakaan dari bulan ke bulan selama satu tahun. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung perpustakaan digunakan metode servQual dan Importance Performance Analysis (IPA). Sedangkan penerapan regresi logistik ordinal digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung UPT Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya, yang mana tingkat kepuasan pengunjung digolongkan ke dalam tujuh tingkatan dari sangat tidak puas hingga sangat puas. Berdasarkan hasil analisis servQual dapat diketahui bahwa secara umum, pelayanan yang diberikan oleh UPT Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya masih belum memenuhi harapan pengunjung dan ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki oleh pihak UPT Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Selain itu, berdasarkan hasil analisis regresi logistik ordinal diperoleh variabel yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung adalah variabel daya tanggap, jaminan, dan jenis kelamin.