Penerapan Analisis Two Step Cluster Dengan Jarak Log-Likelihood (Studi Kasus Persepsi Konsumen Pada Produk Jus Buah Dalam Kemasan Di Supermarket “X” Kota Malang)
Main Author: | Cahyaningrum, Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/154985/ |
Daftar Isi:
- Berbagai jenis persaingan produk dan jasa di pasaran akan semakin tinggi. Keadaan tersebut menyebabkan adanya tantangan baru bagi perusahaan untuk tetap mendapat perhatian pasar ditengah persaingan tersebut. Pemikiran tersebut membuat para produsen berbondong-bondong menciptakan inovasi baru, yaitu dengan minuman jus buah dalam kemasan yang manfaatnya semakin besar. Sehingga konsumen tetap mendapatkan manfaat buah asli namun juga bisa dinikmati dengan lebih mudah dan praktis. Analisis Two Step Cluster digunakan sebagai pengelompokkan objek-objek dengan karakteristik yang dimiliki dengan data yang mengandung skala data campuran (kontinu dan kategorik). Penelitian ini bertujuan menggunakan metode penggelompokan dua tahap atau Analisis Two Step Cluster pada data hasil survey konsumen produk jus buah dalam kemasan di Supermarket”X” Kota Malang. Hasil penelitian ini diperoleh 3 cluster dengan metode AIC. Diketahui bahwa sebagian besar responden pada penelitian ini adalah responden produk jus buah dalam kemasan yang bertempat tinggal di kawasan perkotaan, berjenis kelamin perempuan, dan bekerja sebagai pegawai swasta. Cluster pertama sebanyak 41 konsumen tergolong memperhatikan desain produk, cluster kedua sebanyak 32 konsumen memperhatikan kinerja produk, cluster ketiga sebanyak 23 konsumen memperhatikan daya tahan produk.