Optimasi Pemilihan Strategi Pemasaran Dengan Mengaplikasikan Metode Dematel (Decision Making Trial And Evaluation Laboratory) Dan Anp (Analytical Networking Process) (Studi Kasus 2nd Store Inspired
Main Author: | Nugraini, ClaraTristianty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/154836/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model keputusan untuk memilih strategi pemasaran yang terbaik bagi 2nd Store INSPIRED27. 2nd Store INSPIRED27 adalah sebuah factory outlet yang menjual pakaian wanita dan pria yang berkategori anak muda. 2nd Store INSPIRED27 ini merupakan cabang dari INSPIRD store di jalan Soekarno Hatta, kota Malang, sehingga perlu adanya pemilihan strategi pemasaran yang baik untuk mengembangkan 2nd store INSPIRD27. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode untuk menyelesaikan masalah dalam pemilihan strategi pemasaran yang baik. Metode DEMATEL (Decision Making Trial and Evaluation Laboratoty) dan ANP (Analytical Network Process) dapat dijadikan alternatif untuk meyelesaikan suatu permasalahan yang mempunyai banyak kriteria yang saling berkaitan dan berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Tahap pertama metode DEMATEL adalah mencari keterkaitan antar kriteria dan kriteria yang paling dominan. Hasil yang diperoleh dari keterkaitan antar kriteria dapat dilihan pada peta impact digraph dan Kenaikan Volume Bisnis merupakan kriteria yang paling dominan diantara kriteria yang lain. Tahap kedua yaitu diperoleh bobot serta alternatif yang bisa digunakan untuk pemilihan strategi pemasaran menggunakan metode ANP dengan bantuan software Super Decision. Bobot yang paling tinggi yaitu kriteria Kenaikan Volume Bisnis sedangkan alternatif yang digunakan adalah semua alternatif yaitu, Cost Leadership, Differentiation ,dan Focus.