Analisis Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Biologi Menggunakan Analisis Jalur Kategorik (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Biologi Tahun Akademik 2012/2013 Fakultas Mipa

Main Author: Purnaningsih, Walidah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/154735/
Daftar Isi:
  • Bidang pendidikan saat ini menjadi perhatian suatu negara dalam meningkatkan pembangunan. Salah satu indikator untuk menilai kualitas pendidikan adalah prestasi belajar yang dicapai oleh siswa atau peserta didik. Kualitas pendidikan dianggap sangatlah penting, maka perlu kiranya untuk menyelidiki variabel-variabel yang berhubungan dengan prestasi belajar. Pada penelitian ini, penulis ingin meneliti faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan penelitian terdahulu, latar belakang keluarga, prioritas pilihan jurusan dan keaktifan mengikuti organisasi memiliki pengaruh terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasisiwa. Variabel-variabel dalam penelitian ini memiliki skala ukur nominal dan ordinal. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis variabel-variabel tersebut yaitu analisis jalur variabel kategorik. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan Biologi tahun akademik 2012/2013 Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa model dapat menjelaskan keragaman data sebesar 23.976%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Dari hasil pengujian, diketahui bahwa tingkat pendidikan ayah Perguruan Tinggi dan uang saku sedang melalui keaktifan organisasi sedang mengakibatkan IPK mahasiswa sedang. Sehingga tingkat pendidikan ayah Perguruan Tinggi, uang saku sedang dan keaktifan organisasi sedang memiliki pengaruh efektif untuk meningkatkan IPK mahasiswa Jurusan Biologi.