Analisis Tingkat Pelayanan Persimpangan Jalan Dengan Model Antrian M/D/I Dan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (Mkji) (Studi Kasus Persimpangan Itn Kota Malang)

Main Author: Putri, DeaBerindaAyuRisma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/154593/
Daftar Isi:
  • Persimpangan jalan adalah lokasi pertemuan atau persilangan dari dua atau lebih ruas jalan. Terjadinya antrian kendaraan pada persimpangan dapat menimbulkan masalah kemacetan. Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pelayanan persimpangan jalan raya dengan model antrian dan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Model antrian yang sesuai dengan kondisi persimpangan ITN pada studi kasus ini adalah model antrian . Kedatangan kendaraan bersifat acak, tidak terbatas, dan berdistribusi Poisson, sedangkan waktu keberangkatan kendaraan bersifat konstan. Hasil perhitungan karakteristik rata-rata dari masing-masing jalur diperoleh jumlah rata-rata kendaraan dalam sistem 131 kendaraan. Rata-rata waktu menunggu kendaraan dalam sistem 109,8 detik dan rata-rata waktu menunggu kendaraan dalam antrian 26,81 detik. Jumlah rata-rata kendaraan dalam antrian 33 kendaraan. Tingkat kesibukan pelayanan persimpangan rata-rata 99,6%. Selanjutnya dibuktikan dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode MKJI diperoleh nilai derajat kejenuhan ( ) Jalan Veteran sebesar 0,751, Jalan Sutami sebesar 0,789, Jalan Sigura-gura sebesar 0,983, dan Jalan Sumbersari sebesar 0,182. Besar tundaan Jalan Veteran sebesar 22 detik, Jalan Sutami sebesar 48 detik, dan Jalan Sigura-gura sebesar 39 detik. Rata-rata tundaan persimpangan adalah 36 detik. Waktu hijau efektif adalah 23 detik, dan waktu siklus optimal persimpangan adalah 92 detik. Tingkat pelayanan persimpangan ITN termasuk kurang.