Model Antrian Dengan Retention Of Reneged Customers Dan Balking (Studi Kasus Di Spbu 5465123 Jalan Bandung Malang)
Main Author: | Wulandari, Yully |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/154233/ |
Daftar Isi:
- SPBU 5465123 jalan Bandung Malang merupakan tempat yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaran bagi masyarat. Dalam antrian terjadi kejadian pembeli sabar untuk mendapatkan pelayanannya dan ada pula pembeli yang tidak sabar mendapatkan pelayanannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan model dan karakteristik antrian di SPBU 5465123 jalan Bandung Malang. Penelitian difokuskan pada bahan bakar premium khusus kendaraan roda dua selama 11 hari dalam 2 periode yaitu pagi pukul 06.30 WIB - pukul 08.00 WIB dan siang pukul 13.00 WIB - pukul 14.30 WIB. Hasil analisa dan pembahasan, model yang sesuai untuk SPBU 5465123 jalan Bandung Malang adalah model antrian M/M/c/∞ yang mempertimbangkan perilaku pembeli yaitu retention of reneged customers dan balking. Reneging yaitu kejadian seorang pembeli yang bergabung dalam antrian kemudian meninggalkan antrian sebelum mendapatkan pelayanan. Sementara balking yaitu kejadian seorang pembeli yang tidak berkenan masuk dan bergabung dalam antrian. Waktu kedatangan berdistribusi Poisson, waktu pelayanan dan pembatalan berdistribusi Eksponensial dengan server (c=2). Rata-rata hasil karakteristik diperoleh probabilitas tidak ada pembeli dalam sistem 0,176, jumlah rata-rata pembeli dalam sistem 4,7 pembeli, rata-rata waktu menunggu pembeli dalam sistem 1,403 menit, rata-rata waktu menunggu pembeli dalam antrian 1,105 menit, jumlah rata-rata pembeli dalam antrian 3,69 pembeli, Tingkat kesibukan pelayanan 82,8%, ekspektasi pembeli yang selesai dilayani sebesar 4,981 pembeli, laju pembeli yang meninggalkan sebesar 1,57 pembeli, dan ekspektasi pembeli yang menunggu sebesar 5,482 pembeli.