Aplikasi Analisis Korelasi Kanonik Pada Hubungan Perilaku Psikologis Siswa Dan Prestasi Belajar Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang
Main Author: | Watin, WindyAntikaAntis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/154155/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pondasi pendidikan yaitu kurikulum. Pada tahun 2013 Kementerian Pendidikan Nasional menetapkan kurikulum 2013 sebagai kurikulum baru, sehingga peneliti mengaplikasikan mainan edukasi TAKTIKTAK sebagai penunjang kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui frekuensi jawaban siswa terhadap kuesioner motivasi belajar, minat belajar dan tanggapan siswa mengenai TAKTIKTAK serta mengetahui hubungan motivasi, minat, dan tanggapan siswa mengenai TAKTIKTAK terhadap prestasi belajar. Oleh karena itu peneliti mengaplikasikan analisis statistika deskriptif dan korelasi kanonik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hasil analisis, motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan lagi karena hanya sekitar 33% siswa menjawab netral terhadap pembelajaran kurikulum 2013. Minat belajar lebih dari 37% siswa sudah baik dan lebih dari 44.4% siswa menganggap TAKTIKTAK adalah media edukasi penunjang kurikulum 2013. Terdapat hubungan yang signifikan sebesar 0.8848 antara kelompok perilaku psikologis dengan kelompok prestasi belajar siswa. Berdasarkan muatan kanonik, minat belajar memiliki hubungan paling erat sebesar 0.9991, setelah itu adalah tanggapan siswa mengenai TAKTIKTAK sebesar 0.8336. Nilai UKK memiliki hubungan terbesar dengan peubah kanoniknya yaitu 0.8840. Oleh karena itu Siswa yang memiliki minat belajar yang besar dalam kurikulum 2013, maka juga memiliki nilai UKK yang baik. Begitupula siswa yang beranggapan baik terhadap mainan TAKTIKTAK juga memiliki nilai UKK yang baik pula.