Penentuan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Sekolah Menggunakan Geographically Weighted Regression Dengan Metode Stepwise
Main Author: | Dewi, VitaRosiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/154153/ |
Daftar Isi:
- Salah satu indikator untuk mengetahui kemajuan pendidikan di suatu daerah adalah Angka Partisipasi Sekolah (APS). Apabila dilihat menurut tipe daerah, APS penduduk perkotaan lebih besar dibandingkan dengan APS penduduk pedesaan untuk semua kelompok umur. Berdasarkan penelitian sebelumnya, APS memiliki efek heterogenitas spasial sehingga metode yang digunakan untuk mengetahu faktor-faktor yang berpengaruh terhadap APS adalah Geographically Weighted Regression (GWR). GWR merupakan pengembangan regresi MKT menjadi regresi terboboti yang bersifat lokal. Dalam pemodelan GWR, dapat dilakukan pemilihan peubah prediktor menggunakan metode stepwise. Tujuan dari penelitian ini adalah pemodelan GWR pada data APS dengan fungsi pembobot fixed kernel untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi APS menggunakan model GWR dengan metode stepwise. Berdasarkan hasil penelitian, model GWR dengan fungsi pembobot fixed kernel gaussian lebih baik dalam pemodelan APS di Provinsi Jawa Timur dibandingkan dengan fungsi pembobot fixed kernel bisquare serta hasil pemilihan peubah prediktor model GWR menggunakan metode stepwise menunjukkan persentase kemiskinan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap APS pendidikan menengah di Provinsi Jawa Timur. Model GWR dengan metode stepwise menghasilkan koefisien determinasi (R^2) sebesar 48.25% dengan nilai AIC 272.96.