Analisis Antrian Pelayanan Pembelian Bensin Premium pada Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) 54.662.28 Tulungagung
Main Author: | Solikhah, FajarAjengSiti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/153972/1/Skripsi_Fajar_Ajeng_Siti_Solikhah_%280810953037%29.pdf http://repository.ub.ac.id/153972/ |
Daftar Isi:
- Masalah antrian berhubungan dengan efiensi, dimana terjadinya antrian akan mengurangi kenyamanan pelayanan kepada pelanggan. Hal ini juga terjadi di SPBU, antrian terjadi karena banyaknya fasilitas pelayanan tidak sebanding dengan laju kedatangan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan model antrian dan karateristik antrian di SPBU 54.662.28 Tulungagung dan untuk menganalisis efektifitas sistem antrian di SPBU 54.662.28 Tulungagung. Data didapatkan melalui observasi pada SPBU 54.662.28 di Jalan Podorejo, Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Pengamatan dilakukan pada hari Sabtu, 1 Februari 2014 selama 3 jam, pukul 18.00 – 21.00 WIB. Metode yang digunakan untuk menganalisis antrian adalah metode Multi Channel Single Phase. Diperoleh model antrian (M/M/c):(FCFS/∞/∞) dan berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan pada SPBU 54.662.28 Tulungagung pada tanggal 1 Februari dengan waktu observasi selama 3 jam dapat dikatakan bahwa sistem antrian yang terjadi pada SPBU tersebut sudah efektif. Karena selama kurun waktu dalam 3 jam tersebut didapatkan rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem adalah 1 pelanggan dan rata-rata banyaknya pelanggan dalam antrian adalah 0 pelanggan.