Daftar Isi:
  • Latent Class Cluster (LCC) merupakan salah satu metode pengelompokan hirarki dalam kasus multivariat yang lebih bersifat fleksibel daripada metode yang lainnya karena dapat diterapkan pada kasus multivariat dengan data berskala campuran (kategori, interval, rasio, dan jumlah). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Latent Class Cluster (LCC) sekaligus melakukan segmentasi pada konsumen produk herbal drink K-Liquid Chlorophyll di wilayah Kota Malang. Segmentasi pasar merupakan pengelompokan konsumen berdasarkan karakteristiknya yang sejenis sehingga dalam satu segmen bersifat homogen sedangkan antar segmen heterogen. Pengelompokan konsumen didasarkan pada teori a priori mengenai segmentasi dengan variabel yaitu kondisi geografi, demografi, dan perilaku konsumen. Diperoleh bahwa terdapat 3 segmen yang terbentuk dengan karakteristik segmen 1 memiliki konsumen yang cenderung mempertimbangkan merek dan lebih bersifat konservatif, segmen 2 konsumen yang cenderung bersifat risk taker dan lebih mengutamakan harga produk, dan segmen 3 dengan konsumen yang lebih mengutamakan fungsi dan memiliki pola pemilihan produk yaitu netral. Hasil segmentasi yang diperoleh dapat digunakan sebagai bahan diskusi dan evaluasi untuk perencanaan fokus pemasaran periode berikutnya.