Rekomendasi Penjurusan Murid Sekolah Menengah Atas Dengan Bantuan Sistem Inferensi Fuzzy Metode Mamdani
Main Author: | Pramudita, MuhammadUda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/153218/1/SisTem_Inferensi_Fuzzy_Metode_Mamdani.pdf http://repository.ub.ac.id/153218/ |
Daftar Isi:
- Tujuan pendidikan adalah upaya mewujudkan potensi manusia agar dapat hidup secara efektif dalam masyarakat. Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, kurikulum sekolah menengah atas (SMA) memiliki program pengajaran umum dan khusus atau dalam kurikulum berbasis kompetensi dikenal struktur kurikulum pengkhususan program studi. Menurut kurikulum berbasis kompetensi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan jurusan, yaitu: kemampuan akademik berupa konsistensi nilai atau prestasi belajar, kecenderungan kemampuan khusus (bakat), dan pertimbangan melalui angket atau wawancara (minat). Analisis data tersebut menggunakan logika fuzzy. Logika fuzzy diyakini sangat fleksibel dan memiliki toleransi terhadap data-data yang ada. Salah satu metode logika fuzzy yang dapat digunakan untuk menentukan dan membantu dalam pengambilan keputusan untuk rekomendasi penjurusan murid ini adalah metode mamdani. Pada penelitian ini diimplementasikan system inferensi fuzzy pada penjurusan murid sekolah menengah atas menggunakan metode mamdani. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan hasil penjurusan system dan data real. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas implementasi sistem inferensi fuzzy pada penjurusan murid sekolah menengah atas menggunakan metode mamdani. Hasil pengujian yang dilakukan menggunakan logika fuzzy metode mamdani didapatkan tingkat keakurasian yang cukup besar yaitu 82%. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi system inferensi fuzzy metode mamdani dapat direkomendasikan untuk penjurusan murid sekolah menengah atas.