Penerapan Market Basket Analysis Pada Swalayan Untuk Pengenalan Pola Transaksi Penjualan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy C-Covering

Main Author: Ganda, DavidSurya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/153072/1/LAPORAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/153072/2/Jurnal.pdf
http://repository.ub.ac.id/153072/
Daftar Isi:
  • Swalayan memiliki data yang sangat banyak yang dapat digunakan untuk mengenali kebiasaan dari pelanggan dalam membeli suatu barang. Dengan diketahuinya kebiasaan ini maka dapat digunakan untuk mengetahui pola keterkaitan antar produk yang dibeli oleh pelanggan. Proses semacam ini biasa disebut dengan association rules. Pola yang dihasilkan dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk mengatur tata letak barang, promosi, atau meramalkan pembelian. Untuk menentukan pola association rules dapat digunakan metode Fuzzy c-Covering. Fuzzy c-Covering merupakan salah satu metode yang dipakai untuk mengklasifikasikan elemen-elemen dari suatu himpunan universal menjadi partisi-partisi berupa fuzzy sets. Dari hasil uji menggunakan metode Fuzzy c-Covering,hasil yang didapat dengan menggunakan 98 transaksi diperoleh nilai lift terbesar adalah 16,33