Penerapan Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam Memilih Merek Sepeda Motor
Main Author: | Pranata, IMadeBayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/152800/1/051103703.pdf http://repository.ub.ac.id/152800/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prioritas responden dalam proses keputusan pemilihan merek sepeda motor Honda, Yamaha, Suzuki, dan merek lain berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang tersusun dalam sebuah hirarki dengan menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP). Responden dalam penelitian ini terdiri dari pegawai dan mahasiswa Universitas Brawijaya yang masih aktif pada semester genap 2010/2011. Data primer dikumpulkan dari 100 responden melalui penyebaran kuesioner. Pembahasan hasil penelitian ini dibuat dengan mendeskripsikan jawaban responden, sehingga diharapkan mampu memberikan suatu gambaran menyeluruh mengenai proses keputusan pemilihan merek sepeda motor dikalangan pegawai dan mahasiswa Universitas Brawijaya. Penerapan AHP dalam penelitian ini adalah menentukan urutan prioritas pemilihan merek sepeda motor yang disukai oleh responden. Hasil dari analisis AHP diperoleh kesimpulan bahwa Honda menjadi prioritas pertama (39,8%), diikuti oleh Yamaha (37,9%), Suzuki (11,4%) dan yang terakhir adalah merek lain (10,8%).