Penerapan algoritma runut-balik (backtracking) pada pewarnaan dan keisomorfikan Graf

Main Author: FransiskaRetnoWidiyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/152214/1/050902605.pdf
http://repository.ub.ac.id/152214/
Daftar Isi:
  • Pada skripsi ini dibahas penerapan Algoritma Runut-Balik pada pewarnaan dan keisomorfikan graf. Pewarnaan graf menggunakan Algoritma Runut-Balik dilakukan dengan mencoba semua kemungkinan warna untuk setiap titik. Dengan menggunakan Algoritma ini dapat diperoleh bilangan kromatik dari graf tersebut. Algoritma Runut-Balik juga bisa digunakan untuk mencari keisomorfikan graf yaitu dengan mencari pasangan titik yang berkorespondensi dengan titik pada graf lainnya. Jika semua titik pada kedua graf saling berkorespondensi maka kedua graf tersebut saling isomorfik. Pada pembahasan skripsi ini ditunjukkan aplikasi dari pewarnaan graf yaitu pada permainan Mini Sudoku, suatu permainan dengan setiap puzzle terdiri dari kotak 4x4 atau kotak 6x6 yang berisi petunjuk berupa angka yang diberikan di berbagai tempat. Sementara itu aplikasi dari keisomorfikan pada graf digunakan untuk menentukan isomer senyawa hidrokarbon.