Optimasi hubungan antar kelas dari data konsumen yang terklasifikasi pada perusahaan retail menggunakan algoritma semut

Main Author: Supriyono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/152129/1/050902019.pdf
http://repository.ub.ac.id/152129/
Daftar Isi:
  • Pada tugas akhir ini dibahas mengenai hubungan antar kelas dari data konsumen yang terklasifikasi pada perusahaan retail menggunakan algoritma semut. Kelas-kelas tersebut diperoleh dari data-data transaksi yang terkumpul dari beberapa konsumen yang melakukan pembelian barang. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Algoritma Semut dalam menentukan hubungan antar kelas menggunakan perangkat lunak, berdasarkan hasil yang didapat juga akan dilihat optimalisasi Algoritma Semut dalam mencari hubungan dari kelas-kelas yang ada. Algoritma Semut adalah algoritma yang bekerja berdasarkan agen yang memanipulasi kebiasaan semut secara ilmiah. Pada penerapan Algoritma Semut menirukan bagaimana semut-semut membangun atau memodifikasi solusi dari permasalahan dan prosedur peremajaan jejak pheromone. Hasil akhir yang didapat pada tugas akhir ini adalah berdasarkan uji coba yang dilakukan untuk optimalisasi Algoritma Semut dalam menentukan hubungan antar kelas yang telah ditentukan.