Perancangan Sistem Simulasi Pemotongan Pada Model Permukaan dengan Algoritma Pengembangan Sutherland -Hodgman
Main Author: | Astutik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/152020/1/050800577.pdf http://repository.ub.ac.id/152020/ |
Daftar Isi:
- Dalam dunia kedokteran, salah satu upaya untuk mengurangi resiko kesalahan pada saat operasi pembedahan dan efek samping pasca operasi seperti bekas luka (sikatrik) adalah penggunaan sistem simulasi pembedahan. Dimana bekas luka ini sering menimbulkan gangguan psikososial pada kehidupan pasien seperti rasa tidak percaya diri ketika berada di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, dibangun sebuah sistem simulasi pemotongan pada permukaan wajah manusia yang dimodelkan dengan menggunakan kumpulan polygon segitiga yang saling berhubungan. Operasi pemotongan kulit permukaan wajah disimulasikan dengan menggunakan algoritma pengembangan Sutherland-Hodgman dan perpindahan mouse. Pengembangan dari algoritma ini bertujuan supaya dapat menangani pemotongan permukaan subyek yang terbentuk dari kumpulan polygon kompleks dan membentuk hasil pemotongan menjadi polygon semula (polygon segitiga).Dari hasil uji coba coba simulasi, disimpulkan bahwa algoritma pengembangan Sutherland-hodgman dapat diterapkan untuk memotong model permukaan wajah. Namun, ada beberapa kasus seperti salah satu sisi segitiga berpotongan dengan salah satu titik ujung window (perpotongan antara dua sisi window), salah satu sisi dari polygon segitiga yang berpotongan dengan lebih dari dua sisi window dan ketika salah satu ujung window tepat berada pada salah satu ujung polygon segitiga yang belum dapat diatasi. Oleh karena itu, diharapkan akan adanya penelitian lebih lanjut mengenai simulasi pemotongan permukaan wajah yang dapat menangani kasus-kasus tersebut.