Pembobotan penskalaan dimensi ganda pada data persepsi perbandingan 10 merk laptop mahasiswa Teknik Informatika Universitas Negeri Islam Malang

Main Author: NikmatusSyahrulSariputri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/151925/1/050803427.pdf
http://repository.ub.ac.id/151925/
Daftar Isi:
  • Penskalaan dimensi ganda ( Multidimensional Scaling atau MDS) digunakan sebagai dasar evaluasi obyek dalam bentuk peta konfigurasi. Penyajian data dalam bentuk peta konfigurasi dilakukan agar data dapat lebih mudah dimengerti dan dipahami. Namun, penggunaan peta konfigurasi sederhana masih belum dapat memberikan keseluruhan informasi yang penting dari data. Penggalian informasi lebih dalam dapat dilakukan dengan memboboti rumus dasar jarak (jarak euclid ) . Dimensi yang digunakan dalam pembobotan penskalaan dimensi ganda adalah dua dimensi. Penelitian ini diterapkan terhadap persepsi mahasiswa jurusan Teknik Informatika UIN tentang perbandingan 10 merk laptop yaitu: Toshiba, Hp (Hewlet packard), Axio, Compaq, Acer, Asus, Vaio sony, Zyrex, Anote dan BenQ. Masing-masing laptop dinilai berdasarkan 12 peubah yaitu: harga, ketebalan, iklan, ketahanan, kualitas, ketersediaan produk, warna, ketersediaan suku cadang, keringkasan, garansi, penggunaan dan kesesuaian bahasa pemrograman. Penggunaan dua dimensi memenuhi kriteria kecukupan dalam menjelaskan data sebesar 89.057% dengan nilai STRESS sebesar 19.727%. Dengan penskalaan dimensi ganda terboboti dapat meningkatkan kriteria kecukupan model yaitu dari kriteria kurang menjadi cukup.