Analisis Model Antrian Pelanggan di Apotek Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang Sidoarjo

Main Author: LizaNurLaili
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/151806/1/050801942.pdf
http://repository.ub.ac.id/151806/
Daftar Isi:
  • Sistem ekonomi dan dunia usaha sebagian besar beroperasi dengan sumber daya yang relatif terbatas. Sering terjadi orang-orang, barang-barang, komponen-komponen atau kertas kerja harus menunggu untuk mendapatkan jasa pelayanan. Garis tunggu ini disebut dengan antrian ( queue ). Antrian yang panjang akan mengurangi kenyamanan pelayanan kepada konsumen. Masalah antrian merupakan salah satu hal yang menjadi keluhan konsumen. Untuk mengetahui karakteristik antrian di apotek RS Siti Khodijah, dilakukan penelitian tentang model antrian pelanggan pada jam sibuk. Dari analisis didapatkan model antrian pelayanan kasir yaitu (M/E5/1):(FCFS/) dan model antrian pelayanan apoteker yaitu (M/E6/3):(FCFS/). Karakteristik antrian di fasilitas pelayanan kasir adalah: laju kedatangan sebanyak 14 pelanggan per jam, laju pelayanan sebanyak 18 pelanggan per jam, rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem adalah 3 pelanggan, rata-rata banyaknya pelanggan dalam antrian adalah 2 pelanggan, waktu rata-rata setiap pelanggan dalam sistem adalah selama 15 menit dengan waktu tunggu selama 11 menit dan rata-rata waktu pelayanan pelanggan adalah selama 4 menit dengan faktor kegunaan sebesar 78%. Sedangkan di fasilitas pelayanan apoteker, karakteristik antriannya tidak dapat diketahui karena laju kedatangan pelanggan lebih besar dari laju pelayanan ( = 13 > μ = 4). Keadaan sistem seperti ini akan menyebabkan panjang antrian yang terus bertambah tanpa batas.