Sistem Pakar Berbasis Aturan (rule Based) untuk Rekomendasi Program Studi bagi Calon Mahasiswa

Main Author: WahyuDianWulandini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/151774/1/050800136.pdf
http://repository.ub.ac.id/151774/
Daftar Isi:
  • Dalam dunia pendidikan saat ini, Universitas / Perguruan Tinggi menawarkan banyak pilihan program studi. Di sisi lain, banyak siswa sekolah menengah atas kurang mengerti dan memahami karakteristik dari masing-masing program studi yang ada di Perguruan Tinggi. Hal tersebut menyebabkan siswa tersebut bingung dan terkadang salah dalam memilih program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimilikinya. Dengan adanya sistem pakar ini, diharapkan dapat membantu dan mengarahkan siswa sekolah (calon mahasiswa) untuk memilih program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimilikinya tanpa mengecilkan peran Bimbingan dan Konseling Sekolah. Tujuan pembuatan Skripsi ini adalah mengklasifikasikan karakteristik setiap program studi dengan menggunakan sistem pakar berbasis aturan dan menentukan program studi berdasarkan fakta – fakta yang ada, serta mengimplementasikan sistem pakar berbasis aturan untuk rekomendasi program studi agar dapat mempermudah dan membantu calon mahasiswa. Sistem pakar ini dibangun dengan menggunakan Kaidah Produksi sebagai representasi pengetahuan dengan metode inferensi Forward Chaining dan Backward Chaining yang digunakan secara terpisah. Forward Chaining digunakan jika calon mahasiswa belum memiliki gambaran tentang program studi yang diminatinya, sedangkan Backward Chaining digunakan jika calon mahasiswa sudah memiliki / mengetahui apa program studi yang diminatinya. Dalam hal ini, siswa hanya ingin mengetahui seberapa besar tingkat kecocokan dirinya dengan jurusan yang diminatinya. Metode akuisisi yang digunakan adalah metode manual (wawancara). Selain itu, metode certainty factor juga digunakan agar hasil rekomendasi yang diberikan sistem lebih akurat. Selain itu juga dilakukan permintaan pendapat terhadap siswa kelas XII SMAN 2 Pasuruan tentang sistem yang dibuat, diperoleh kesimpulan bahwa mayoritas siswa menganggap sistem pakar ini cukup membantu dan mempermudah siswa dalam memilih program studi.