Pengukuran dan Pemodelan Karakteristik Frekuensi Bunyi pada Kereta Api

Main Author: ArifFathqurRohman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/151662/1/050702325.pdf
http://repository.ub.ac.id/151662/
Daftar Isi:
  • Studi ini mencari nilai distribusi frekuensi bunyi kereta api dengan metode pencuplikan beberapa sinyal bunyi kereta api. Sinyal bunyi kereta api menjadi masukan melalui sound card komputer. Dengan metode pencuplikan beberapa sinyal bunyi tersebut akan dirubah dalam bentuk diskrit dalam domain waktu. Dengan algoritma DFT domain waktu tersebut akan dirubah dalam domain frekuensi. Sinyal bunyi kereta api diambil sebelum dan sesudah kereta api melalui sensor bunyi. Dari hasil penelitian bisa diketahui nilai distribusi frekuensi dengan magnitudo maksimum dan distribusi frekuenasi dengan magnitudo minimum. Frekuensi bunyi kereta api mempunyai nilai magnitudo minimum berada dikisaran 3000 Hz sampai 4000 Hz. Sedangkan untuk distribusi frekuensi maksimumnya berada dikisaran 100 Hz sampai 500 Hz. Nilai spektrum dan kekuatan magnitudo frekuensi bunyi kereta api berbeda untuk beberapa jenis kereta api.