Daftar Isi:
  • Pada saat ini, jumlah cafe mengalami peningkatan, salah satunya di kota Malang. Dengan banyaknya jumlah kafe yang berkembang di masyarakat maka terjadi persaingan antar kafe di kota Malang. Oleh karena itu, setiap kafe harus memiliki strategi untuk mengembangkan usaha agar dapat bersaing di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif strategi yang tepat dalam pengembangan Kafe Racel Risol yang terletak di jalan Pandan no 21 Malang. Pada penelitian ini, Matrik IE digunakan untuk menggambarkan posisi perusahaan dan Metode SWOT digunakan untuk merumuskan alternatif strategi pengembangan kafe serta metode QSPM digunakan untuk menentukan alternatif strategi yang paling efektif digunakan. Responden dalam penelitian ini adalah responden pakar yang mencangkup manajer kafe, 2 pemilik kafe dan admin keuangan. Hasil penelitian diketahui bahwa Kafe Racel Risol berada pada posisi grow and build strategy. Strategi pengembangan kafe yang diperoleh berdasarkan analisis SWOT adalah mempertahankan kualitas dan variasi produk, perencanaan untuk mengantisipasi perubahan peraturan daerah, melakukan survei dan promosi pada pelanggan, meningkatkan fasilitas pendukung untuk pelanggan, menambah cabang baru dengan mempertahankan kualiatas dan variasi, pengembangan produk yang sesuai dengan profil pelanggan, menyediakan paket hemat pada produk baru, menjalin kerjasama dengan suplier. Prioritas strategi yang paling efektif digunakan untuk pengembangan Kafe Racel Risol adalah menambah cabang baru dengan mempertahankan kualitas dan variasi dengan nilai TAS 5,21.