Analisis Pengaruh Desain Kemasan Pouch Susu Kental Manis Frisian Flag Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Konsumen
Daftar Isi:
- TextSusu kental manis merupakan salah satu produk olahan susu yang terus berkembang, hal ini ditandai dengan banyaknya merek-merek. Susu kental manis merupakan produk olahan susu yang sudah terkenal dikalangan masyarakat. Banyaknya produk olahan susu kental manis yang beredar dimasyarakat, menyebabakan tingat persaingan yang tinggi sehingga perusahaan perlu menggembangkan desain kemasan agar konsumen tidak tertarik mengkonsumsi produk pesaing. Frisian Flag mengeluarkan inovasi kemasan pouch pada produk susu kental manis. Desain kemasan yang unik dapat menjadi keunggulan suatu produk untuk menarik konsumen untuk membeli produk susu kental manis. Tujuan dari penelitian ini adalah Menentukan keterkaitan desain kemasan terhadap keputusan pembelian pada Susu Kental Manis Frisian Flag kemasan pouch di Kota Malang dan menentukan keterkaitan antara keputusan pembelian dan loyalitas konsumen pada produk kemasan pouch Susu Kental Manis Frisian Flag. Penelitian ini dilakukan dengan metode Partial Least Square dengan variabel bebas yaitu bentuk, ukuran, warna, nama merek, gambar. Variabel terikat yang digunakan pada penelitian kali ini adalah keputusan pembelian dan loyalitas konsumen. pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan sebanyak 100 kuesioner yang diisikan oleh responden yang pernah mengkonsumsi susu kental manis Frisian Flag. Hasil penelitian menunjukan bahwa 35.7% warna kemasan mampu mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan ukuran kemasan memiliki nilai paling rendah yaitu sebesar 17.9% mempengaruhi keputusan pembelian. 37.1% keputusan pembelian mempengaruhi loyalitas konsumen. Variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian viii adalah warna kemasan. Mengembangkan desain kemasan dianggap perlu oleh sebab itu perubahan warna kemasan dianggap penting karena warnalah yang pertama kali dilihat oleh konsumen.