Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan menggunakan Metode Partial Least Square (Studi Kasus “Baegopa? Resto” Mundu, Malang)

Main Author: Iqbal, MuhammadFirasAwwaluddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/151095/1/Skripsi_PDF.pdf
http://repository.ub.ac.id/151095/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel experiential marketing yang terdiri dari sense (X1), feel (X2), think (X3), act (X4), dan relate (X5) terhadap kepuasan pelanggan (Y1) dan loyalitas pelanggan (Y2) pada “Baegopa? Resto” di Kota Malang. Experiential marketing merupakan suatu teknik pemasaran yang dilakukan suatu perusahaan dengan tujuan bukan supaya orang membeli produk itu tetapi bagaimana memberikan pengalaman pada konsumen saat membeli produk itu yang menjadi dampak terhadap konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan pelanggan dapat dimodelkan dengan persamaan Y1 = 0,350 X1 - 0,017 X2 - 0,036 X3 + 0,465 X4 + 0,070 X5. Sedangkan pada loyalitas pelanggan dapat dimodelkan dengan persamaan Y2 = 0,289 X1 + 0,050 X2 + 0,047 X3 + 0,137 X4 + 0,094 X5. Sehingga dapat dilihat variabel experiential marketing yang berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yaitu variabel sense (X1) dan act (X4). Pada relate (X5) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan dan feel (X2) dan think (X3) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan pelangan. Selain itu pengaruh pada loyalitas pelanggan untuk variabel sense (X1) dan act (X4) mempunyai pengaruh postif signifikan dan feel (X2), think (X3), dan relate (X5) mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan. Sedangkan pengaruh dari kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh positif signifikan.