Daftar Isi:
  • Kota Batu merupakan salah satu kota yang berpotensi untuk pengembangan dunia usaha yang mampu mendorong perekonomian daerah. Pertumbuhan ekonomi kota Batu dalam kurun lima tahun (2007 sampai 2012) mengalami peningkatan yang ditandai dengan PDRB mencapai Rp. 307,72 milyar dan sektor perhotelan, restoran, dan pariwisata mencapai Rp. 192,23 milyar. Berdasarkan data BPS (2013) terdapat 9286 UKM yang mencakup sektor pertanian, industri pengolahan, sektor pariwisata, dan perdagangan. Potensi besar yang dimiliki Kota Batu, tidak akan berarti apabila tidak diiringi dengan kemampuan wirausaha para pelaku usaha dalam membangun keunggulan bersaing bagi produk-produknya agar dapat meningkatkan kinerja pemasarannya. Terdapat banyak faktor penting untuk mencapai keunggulan bersaing suatu perusahaan, diantaranya orientasi kewirausahaan, tingkat inovasi, orientasi pembelajaran, orientasi kepemimpinan, penguasaan teknologi, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing yang dimoderasi ketidakpastian lingkungan pada UMKM Agroindustri pengolahan apel kota Batu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 UMKM. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis deskriptif (SPSS) dan analisis inferensial (GeSCA). Hasil pengujian goodness of Fit model, menunjukkan nilai FIT=0,513 ; AFIT=0,531 ; GFI=0,994; SRMR=0,121 ; dan NPAR=47. Hasil penelitian menujukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan inovasi terbukti mampu meningkatkan keunggulan bersaing maupun kinerja pemasaran, sehingga xiv peningkatan orientasi kewirausahaan dan inovasi yang berkelanjutan akan meningkatkan keunggulan bersaing dan makin meningkatkan kinerja pemasaran.