Analisis Preferensi Konsumen Beras Analog Dengan Metode Partial Least Square (Pls) (Studi Kasus Di Ud Wijaya Food Srengat, Blitar)

Main Author: Malik, AchmadSyaifuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/150931/
Daftar Isi:
  • Preferensi konsumen merupakan suatu hal yang paling disukai atau diprioritaskan konsumen terhadap suatu produk. Preferensi konsumen memberikan gambaran keinginan konsumen terhadap suatu produk, sehingga dapat dijadikan acuan mengambil langkah strategik dalam pemasaran. Dalam penelitian terdapat 3 variabel yang diteliti yaitu produk (X1), harga (X2) dan kemasan (X3). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel produk, harga dan kemasan terhadap keputusan pembelian beras analog UD Wijaya Food. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Partial Least Square (PLS) dengan jumlah responden sebanyak 69 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen dapat dimodelkan dengan persamaan Y = 0,322 X1 + 0,320 X2 + 0,193 X3.. Berdasarkan analisis PLS, pada variabel produk yang menjadi prioritas adalah indikator manfaat kesehatan (X15), sedangkan indikator yang perlu ditingkatkan adalah aroma (X13). Pada variabel harga, yang menjadi prioritas adalah indikator harga terjangkau (X22), sedangkan indikator yang perlu ditingkatkan adalah ketersediaan potongan (X23). Pada variabel kemasan, yang menjadi prioritas adalah indikator desain kemasan (X33), sedangkan indikator yang perlu ditingkatkan adalah variasi ukuran kemasan (X31). Diketahui pula semua variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian