Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm) (Studi Kasus Pada Ecotourism Resto Tent Beejay Bakau Resort, Probolinggo)
Daftar Isi:
- Pengembangan pariwisata sangat erat kaitannya dengan lingkungan, maka dengan adanya hal tersebut pengembangan sektor pariwisata berbasis lingkungan (ecotourism) menjadi salah satu bidang yang sangat menarik untuk dikembangkan. Salah satu ecotourism restoran berbasis lingkungan adalah resto tent BeeJay Bakau Resort di wilayah Probolinggo Jawa Timur yang menawarkan berbagai macam makanan olahan laut atau seafood. Persaingan bisnis makanan di tempat wisata semakin meningkat, terutama di daerah provinsi Jawa Timur. Hal ini berdampak pada penurunan pendapatan, sehingga perusahaan perlu merumuskan strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif strategi yang dapat dirumuskan dari faktor-faktor yang menentukan dalam memasarkan produk di Resto Tent BeeJay Bakau Resort Probolinggo Jawa Timur serta menentukan strategi pemasaran produk yang tepat dan dapat diterapkan untuk Resto Tent BeeJay Bakau Resort Probolinggo Jawa Timur. Pada penelitian ini, metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) digunakan untuk menentukan alternatif strategi pemasaran yang menjadi prioritas untuk dijalankan perusahaan, sehingga metode ini dapat diaplikasikan pada Resto Tent BeeJay Bakau Resort Probolinggo untuk merencanakan strategi pemasaran dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan kemudian dianalisa dengan merumuskan beberapa strategi alternatif melalui analisis matrik SWOT. viii Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hasil prioritas utama strategi alternatif yang dipilih adalah strategi 1 yaitu meningkatkan mutu produk dan pelayanan untuk menarik lebih banyak konsumen dengan nilai Total TAS (Total Attractive Score) sebesar 6,7858