Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Sampoerna A-Mild Di Malang Dengan Metode Pls (Partial Least Square)

Main Author: Purnamasari, AinayahJelita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/150814/
Daftar Isi:
  • Promosi adalah bagian dari bauran pemasaran yang besar peranannya. Promosi merupakan kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan perusahaan untuk mendorong konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Promosi juga dikatakan sebagai proses berlanjuti karena dapat menimbulkan rangkaian kegiatan perusahaan yang selanjutnya. Karena itu promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi agar melakukan pertukaran dalam pemasaran. Bauran promosi terdiri dari periklanan (X1), penjualan pribadi (X2), promosi penjualan (X3), dan hubungan masyarakat (X4). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruuh bauran promosi terhadap proses keputusan pembelian rokok Sampoerna A-Mild, dan untuk mengetahui variabel dalam bauran promosi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk rokok Sampoerna A-Mild. Pemilihan rokok merek Sampoerna A-Mild sebagai objek penelitian dikarenakan Sampoerna A-Mild merupakan penguasa pangsa rokok mild di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square) sebagai model pengujian sebab-akibat dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi dapat dimodelkan dengan persamaan Y = -0,008X1 + 0,539X2 + -0,077X3 + 0,158X4. Diketahui bahwa variabel periklanan (X1) dan variabel promosi penjualan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel penjualan pribadi (X2) merupakan variabel paling dominan yang memengaruhi keputusan pembelian rokok Sampoerna A-mild.