Analisis Penerimaan Pengusaha Kota BatuTerhadap Aplikasi Tracking Kuliner Halal DenganMetode Fuzzy Servqual
Main Author: | Purnomo, ApicCahyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/150665/1/cover_.pdf http://repository.ub.ac.id/150665/1/lembar_persetujuan%2Cdaftar_isi.pdf http://repository.ub.ac.id/150665/2/Skripsi_Analisis_Penerimaan_Pengusaha_Kota_Batu_Terhadap_Aplikasi_Tracking_Kuliner_Halal_dengan_metode_Fuzzy_servqual.pdf http://repository.ub.ac.id/150665/2/lampiran.pdf http://repository.ub.ac.id/150665/ |
Daftar Isi:
- Bisnis pangan dan pariwisata menunjukkan perkembangan yang semakin pesat setiap tahun. Menurut data wajib pajak daerah kota Batu tahun 2014, jumlah jenis usaha oleh-oleh dan tempat pariwisata meningkat. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup masyarakat. Produk pangan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan biologis tetapi lebih mendekatkan pada sebuah cita rasa tertentu yang berorientasi pada kebutuhan lain seorang manusia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mampu memberikan wahana baru dalam persaingan dunia usaha pangan dan pariwisata. Pemanfaatan TIK dalam dunia bisnis pangan dan pariwisata sebagai media promosi yang terhubung internet dijalankan dengan baik pada teknologi mobile phone dan memberikan keuntungan bagi dunia bisnis. Aplikasi tracking kuliner halal dibuat dengan dasar tracking atau jalur mengenai suatu tempat. Aplikasi tracking kuliner halal memuat beberapa hal terkait seperti UKM,restoran,katering,pusat oleh-oleh, dan tempat pariwisata yang sudah memiliki label atau sertifikat halal. Tujuan penelitian ini adalah mengukur kualitas layanan yang disajikan aplikasi tracking kuliner halal terhadap pengusaha kuliner dan tempat pariwisata di kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Servqual dengan harapan dapat menangkap bias dan subyektivitas saat pengumpulan data dengan kuisoner. Hasil yang didapatkan viii akan digunakan mengetahui apakah implementasi aplikasi tracking kuliner halal sesuai harapan konsumen, khususnya pengusaha Berdasarkan hasil penelitian tingkat kualitas pelayan aplikasi halal tracking tourism secara keseluruhan belum memuaskan. Perhitungan servqual menghasilkan nilai GAP negatif, menunjukkan persepsi lebih rendah dari harapan pengguna atau responden. Gap teringgi pada tingkat harapan dan tingkat persepsi adalah tersedianya menu untuk memberikan kritik dan saran serta tampilan aplikasi kurang menarik. Pada tingkat kepuasan konsumen tiap dimensi menunjukkan daya tanggap yang dianggap penting bagi pengguna atau responden tapi masih belum dilakukan secara baik oleh aplikasi tracking kuliner halal. Diagram kartesius menunjukkan prioritas utama yang perlu diperbaiki oleh aplikasi tracking kuliner halal adalah tampilan interface menu supaya lebih elegan, simple dan mudah dipahami.