Perencanaan Strategis Pengembangan Usaha keripik Kentang Dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Di UKM Agronas Gizi Food Batu)
Main Author: | Fadhielah, Nisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/150611/1/Skripsi-Nisa_Fadhielah%28105100701111018%29.pdf http://repository.ub.ac.id/150611/ |
Daftar Isi:
- Agronas Gizi Food Batu merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi keripik kentang di Kota Batu. Selain dijual sendiri keripik kentang produksi Agronas Gizi Food juga didistribusikan ke beberapa outlet-outlet yang ada di Kota Batu. Permintaan keripik kentang yang cenderung mengalami peningkatan membuat Agronas Gizi food memiliki potensi untuk dikembangkan, namun Agronas Gizi Food pada saat ini dikelola dengan sederhana sehingga peningkatan permintaan keripik kentang membuat perusahaan sulit memenuhinya. Keterbatasan tenaga kerja juga menjadi salah satu faktor penghambat perkembangan usaha keripik kentang Agronas Gizi Food Batu. Oleh karena itu, strategi pengembangan usaha perlu direncanakan Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan perencanaan strategi yang tepat untuk pengembangan usaha keripik kentang Agronas Gizi Food Batu menggunakan pendekatan keempat perspektif Balanced Scorecard. Tahap awal tentang perencanaan strategi pengembangan usaha keripik kentang pada Agronas Gizi Food dengan metode Balanced Scorecard adalah perumusan strategi dengan melakukan trendwatching yaitu pengamatan terhadap trend perubahan lingkungan makro, lingkungan industri, dan lingkungan persaingan. Analisis faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan. Proses envisioning didasarkan pada analisis SWOT yang akan menghasilkan misi, visi, dan tujuan perusahaan. Pemilihan strategi sesuai dengan kerangka Balanced Scorecard dengan penentuan matriks IFAS dan EFAS. Total skor pada matriks IFAS dan EFAS dijadikan dasar untuk matriks IE untuk menentukan posisi Agronas Gizi Food saat ini. viii Berdasarkan analisis dan hasil matriks IFAS serta EFAS posisi Agronas Gizi Food pada sel Va (posisi rata-rata dan strategi pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integrasi horizontal). Perencanaan strategik menggunakan Balanced Scorecard dengan melihat posisi Agronas Gizi Food adalah pada perspektif keuangan peningkatan pendapatan dengan target peningkatan laba 15% dalam jangka waktu 1 tahun. Pada perspektif pelanggan meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan target jumlah costumer baru 60 orang/tahun dengan inisiatif strategi untuk sasaran strategi ini adalah mencantumkan nilai gizi keripik kentang dan target sasaran strategi meningkatkan kualitas hubungan dengan pemasok adalah 67% pemasok dapat dipertahankan dengan inisiatif strategi meningkatkan kualitas hubungan dengan pemasok. Pada perspektif bisnis internal terdapat tiga sasaran, yaitu meningkatkan kualitas produk dengan target tidak ada produk yang dikembalikan dengan inisiatif strateginya adalah melakukan pengecekan pada barang yang akan dikirim ke outlet lain, pengembangan produk dengan target 2 produk baru dalam 1 tahun, dengan inisiatif strateginya adalah meningkatkan kecepatan proses inovasi, serta peningkatan kualitas pelayanan purna jual dengan target pembayaran maksimal 3 hari setelah pengiriman yang inisiatif strateginya adalah melakukan pengiriman pada distributor tepat waktu. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran terdapat tiga sasaran strategi, yaitu peningkatan produktivitas tenaga kerja dengan target jumlah produk yang dihasilkan tiap karyawan meningkat, dengan inisiatif strategi pemberdayaan karyawan, peningkatan kepuasan karyawan dengan target kesejahteraan terpenuhi (asuransi kesehatan) dengan inisiatif strateginya adalah pemberian uang intensif untuk karyawan, serta organisasi kerja nirbatas dengan target pemahaman visi dan misi perusahaan yang inisiatif strateginya adalah pengembangan sistem perencaan. Agronas Gizi Food dapat meningkatkan promosi, serta penambahan jumlah tenaga kerja terampil yang dapat berdampak positif pada pengembangan usaha Agronas Gizi Food.