Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Olahan Susu Dengan Metode Partial Least Square (Studi Kasus Pada CV Brawijaya Dairy Industri)
Daftar Isi:
- Yoghurt merupakan suatu produk olahan susu yang banyak digemari oleh masyarakat. Yoghurt muncul sebagai salah satu alternatif dari pola hidup sehat yang kini banyak berkembang di masyarakat. Permintaan pasar yang tinggi terhadap produk tersebut membuat suatu potensi usaha tersendiri sehingga dewasa ini semakin banyak produsen-produsen yang memproduksi yoghurt. Banyaknya produsen membuat persaingan semakin ketat dalam mendapatkan konsumen karena konsumen masih mempertimbangkan beberapa hal dalam proses pembeliannya yang terkait dengan memaksimalkan keuntungan. Proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen dapat dipengaruhi oleh beberapa stimulus yang diantaranya terdapat faktor kualitas. Partial Least Square (PLS) dapat digunakan untuk melakukan analisis tentang variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian dimana PLS adalah suatu teknik analisis multivariate yang menilai model pengukuran dan model struktur secara serentak untuk meminimalkan ralat varians. Penggunaan PLS diharapkan dapat membangun model yang menunjukkan hubungan sebab akibat antara variabel produk dengan keputusan pembelian sehingga dapat diketahui variabel- varaibel yang berpengaruh dalam keputusan pembelian konsumen. Variabel performance, features, serviceability, aesthetic, durability, conformance, dan reliability memiliki pengaruh yang sigfinikan terhadap keputusan pembelian. Namun, beberapa variabel memiliki pengaruh positif dan viii beberapa variabel memiliki pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian. Variabel features, serviceability, aesthetic, conformance, dan reliability memiliki pengaruh positif. Sedangkan variabel performance dan durability memiliki pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian.