Analisis Masalah Kualitas Produk Berdasarkan Customer Complaints di PT. Aerofood ACS Surabaya

Main Author: Simputra, DeaAgatha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/150344/1/Dea_Agatha_Simputra_115100601111019_Laporan_Magang_A5_NEW.pdf
http://repository.ub.ac.id/150344/
Daftar Isi:
  • Persaingan industri yang semakin ketat membuat perusahaan melakukan berbagai cara untuk memenangkan persaingan, salah satunya berfokus pada kebutuhan customer akan kualitas produk yang diberikan. Produk dan pelayanan yang tidak sesuai standar kualitas (nonconforming product) akan menimbulkan komplain customer. Komplain customer menyebabkan beberapa kerugian bagi perusahaan, seperti penurunan profit dan kehilangan customer. Di sisi lain, komplain dapat menjadi alat efektif bagi perusahaaan untuk meningkatkan kualitas produk, pemasaran, atau sebagai ukuran masalah kualitas yang dihadapi perusahaan. Program magang di PT. Aerofood ACS Surabaya bertujuan menganalisis masalah kualitas yang dihadapi perusahaan berdasarkan data historis customer complaints di perusahaan selama periode 2012-2014. Data dianalisis dengan diagram pareto dan diagram sebab akibat untuk mengetahui jenis-jenis nonconforming product serta penyebabnya. Hasil analisis menunjukkan foreign object (serangga dan rambut) serta food quality berupa organoleptik makanan menjadi penyebab komplain paling tinggi di perusahaan. Penyebab terbesar masalah kualitas yang diamati terdapat pada karyawan, karena itu sebaiknya dilaksanakan tindak disiplin tegas berupa surat peringatan agar karyawan lebih disiplin dalam melaksanakan peraturan.