Daftar Isi:
  • Tingginya pertumbuhan penduduk membuat semakin banyak kebutuhan pangan. Realita ini dapat membuat peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Kuliner bukan lagi produk konsumsi untuk memenuhi kebutuhan biologis manusia, namun sudah menjadi gaya hidup baru di masyarakat. Kota Malang terkenal dengan bakso. Bakso Malang memiliki cita rasa khas dan varian yang banyak. Ketatnya persaingan kuliner bakso di kota Malang, mengharuskan para pengelola bakso menyusun strategi yang perlu dilakukan untuk pengembangan usaha baksonya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menentukan alternatif perumusan strategi dengan analisis SWOT untuk pengembangan Bakso Horeg. Serta menentukan prioritas strategi pengembangan Bakso Horeg dengan menggunakan metode QSPM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matriks (QSPM). Matriks SWOT dipilih karena merupakan alat yang cepat, efektif dan efisien dalam menemukan kemungkinan-kemungkinan yang berkaitan pengembangan, pengambilan keputusan dan memperluas visi dan misi organisasi. Keunggulan metode QSPM yaitu rangkaian strategi dapat diamati secara berurutan dan bersamaan serta memperkecil kemungkinan faktor-faktor utama terlewat. Responden adalah konsumen dan 4 responden dari restoran yaitu manajer, bagian produksi, bagian penjualan dan bagian keuangan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa nilai matriks Internal Factor Evaluation sebesar 2,662 dan nilai matriks Eksternal Factor Evaluation sebesar 2,172. Analisa posisi restoran menggunakan matriks Internal Eksternal didapatkan bahwa Restoran Bakso Horeg berada pada sel V yang menunjukkan dapat menerapkan strategi yaitu Market Penetration dan Product Development. Berdasarkan matriks SWOT didapatkan delapan alternatif strategi khusus. Prioritas strategi didapatkan dengan menggunakan matriks QSPM untuk mendapatkan nilai Total Attractive Score (TAS). Strategi dengan nilai TAS terbesar merupakan strategi menjaga kebersihan & menghindari kontaminasi fisik proses (6,345). Saran yang diberikan untuk Restoran Bakso Horeg adalah perlu melakukan pengembangan produk dan penetrasi pasar supaya dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen