Analisis Segmentasi Demografis dan Perilaku Konsumen terhadap Perubahan Kemasan Jenang (Studi Kasus di Roemah Djenang Kelapa Sari-Haji Nyoto Blitar
Daftar Isi:
- Roemah Djenang Kelapa Sari-Haji Nyoto merupakan usaha yang memproduksi jenang, berdiri tahun 1985 dan 1994 mendapatkan izin P-IRT 115/13.23/94. Jenang menggunakan beberapa kemasan lama, diantara kemasan lama tersebut kemasan besek merupakan kemasan yang paling unggul dalam penjualannya. Penelitian ini bertujuan menentukan segmentasi pasar dan perilaku konsumen terhadap perubahan kemasan, menggunakan metode Hierarki cluster untuk segmentasi dan Multi Attribute Fishbein untuk perilaku konsumen. Hasil penelitian terbentuk 3 cluster. Cluster 1 berjumlah 47(78%) dengan ciri-ciri dominan berusia 21 s/d 40 tahun, wiraswastawan, swasta, dan PNS, berpendidikan SMP, SMA dan S1 dengan penghasilan Rp.700.000,- s/d Rp. 4.000.000,-. Cluster 2 berjumlah 7 (12%) dengan ciri-ciri dominan berusia 17 s/d 20 tahun, pelajar SMA dengan uang saku <RP. 300.000,-. Cluster 3 berjumlah 6 (10%) dengan ciri-ciri dominan karyawan swasta dan wiraswasta, berpendidikan SD, SMP, dan S1. Penghasilan rata-rata Rp. 700.000,- s/d Rp. 4.000.000-,. Semua cluster menerima kemasan baru karton. Cluster 1 masih cukup menghargai kemasan lama besek, sedang cluster 2 dan 3 mulai meninggalkannya. Konsumen dari semua cluster berperilaku positif atau baik, dengan sebagian besar pembelian ditentukan diri sendiri dan sedikit dipengaruhi orang lain yaitu pengaruh keluarga dan teman. Berdasarkan profil tersebut maka kemasan lama besek masih perlu dipertahankan, sedangkan kemasan baru karton perlu dikembangkan untuk meraih segmentasi yang lebih luas, terlihat dari segmen remaja