Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Yoghurt Menggunakan Metode Partial Least Square (PLS) (Studi Kasus di PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa, Batu
Main Author: | Nanizza, FardaArifta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/150319/1/LAPORAN_FARDA_ARIFTA_NANIZZA_115100301111054.pdf http://repository.ub.ac.id/150319/ |
Daftar Isi:
- Pemahaman perilaku konsumen penting bagi perusahaan karena persaingan bisnis dalam menghasilkan produk baru semakin ketat, hal tersebut akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Yoghurt “Yoguku” merupakan produk yang baru diproduksi oleh PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa dan sangat potensial untuk menunjang kesehatan masyarakat. Produk tersebut belum berkembang, sehingga sering kali timbul permasalahan yakni produk tersebut tidak laku terjual. Keberhasilan dalam usaha ini sangat bergantung pada kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Agar dapat mengetahui harapan pelanggan, diperlukan penelitian yang dapat menggambarkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam melakukan pembelian produk tersebut. Metode yang dapat digunakan dalam penelitian tersebut adalah metode Partial Least Square dengan bantuan software Smart PLS. Metode PLS menghasilkan informasi yang baik, dapat digunakan untuk eksplanasi, prediksi maupun informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian produk yoghurt “Yoguku”. Faktor-faktor tersebut adalah performance (kinerja) yang meliputi rasa dan harga produk, features (keistimewaan) meliputi keamanan bahan tambahan pangan, aesthetics (estetika) yang meliputi bentuk dan desain kemasan serta warna dan aroma produk, perceived quality (kesan kualitas) meliputi kepopuleran merek dan kejelasan informasi produk, dan serviceability (pelayanan) yang meliputi kemudahan memperoleh produk, ketrampilan pelayan, dan proses pelayanan cepat. Dari penelitian yang telah dilakukan terdapat faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk “Yoguku” di PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa, yakni Serviceability (pelayanan). Upaya atau usulan perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keputusan pembelian adalah dengan memperluas distribusi produk agar semakin dikenal masyarakat, serta tidak menggunakan bahan tambahan pangan dalam produk Yoguku meskipun dalam jumlah yang sedikit. Selain itu, karyawan yang berhubungan langsung dengan konsumen harus memiliki kualifikasi yang baik.