Analisis Pengaruh Membership Card Terhadap Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung (Studi Kasus Kafe Toast Story Malang

Main Author: Chollisotin, IkaCahyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/150303/1/Ringkasan.pdf
http://repository.ub.ac.id/150303/1/skripsi_A5.pdf
http://repository.ub.ac.id/150303/2/lembar_pengesahan.pdf
http://repository.ub.ac.id/150303/3/Scan.pdf
http://repository.ub.ac.id/150303/3/lembar_persetujuan.pdf
http://repository.ub.ac.id/150303/
Daftar Isi:
  • Dewasa ini banyaknya persaingan usaha di bidang makanan di kota Malang. Hal ini menimbulkan banyak persaingan antar kafe dalam menarik konsumen.Salah satunnya adalah kafe Toast Story. Persaingan antar kafe sangat beragam, salahsatunya menciptakan ide pemasaran menarik, contohnya memberikan membership card kepada konsumen. Keuntungan membership card yang diberikan kafe Toast Story adalah diskon 10% untuk minimal pembelian Rp 50.000, promo event tertentu dan reward akhir tahun. Masalahnya efektivitas program membership card bagi perusahan maupun pelanggan belum banyak dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan membership card terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada kafe Toast Story. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Variabel eksogenpenelitian ini adalah diskon 10% untuk minimal pembelian Rp 50.000, promo event tertentu danreward yang diberikan pada akhir tahun. Variabel endogen penelitian ini adalah kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai t hitung 2,990. Promo event berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai t hitung 2,018. Reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai t hitung 2.539. Kemudian kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y2) dengan nilai t hitung 9,725.