Pengaruh Kredit dan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja UMKM dengan Pemasaran sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus: UMKM Agroindustri di Kabupaten Mojokerto
Main Author: | Yuwandini, Desty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 1900
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/150299/1/SKRIPSI-DESTY_YUWANDINI-115100701111022.pdf http://repository.ub.ac.id/150299/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan UMKM di Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk mendukung pertahanan ekonomi. Permasalahan yang dihadapi UMKM di Kabupaten Mojokerto saat ini adalah aspek modal, sumber daya manusia (SDM) dan pemasaran. Keterampilan SDM dalam mengelola UMKM menyebabkan keterbatasan penggunaan teknologi, inovasi produk, serta manajemen usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan (pengaruh dan hubungan) kredit, sumber daya manusia (SDM) dan pemasaran terhadap kinerja UMKM Agroindustri di Kabupaten Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Generalized Structured Component Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kredit dan SDM berpengaruh positif terhadap Pemasaran, sedangkan Pemasaran berpengaruh positif terhadap Kinerja UMKM. Variabel Kredit dan SDM sangat berperan dalam kelancaran Pemasaran untuk memperluas pasar. UMKM harus dapat mengoptimalkan bantuan kredit dan memberikan pelatihan secara berkelanjutan kepada SDM agar dapat meningkatkan kinerja. Model matematis yang diperoleh dari metode GSCA adalah Y1=0.630X1+0.360X2 dan Y2=0.214X1+0.117X2+0.565Y1. Nilai FIT dan AFIT sebesar 52.3% dan 49.5% yang menunjukkan bahwa total varians semua variabel yang dapat dijelaskan oleh model sebesar 52.3%, sedangkan sisanya 47.7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini dan model dapat dikatakan baik