Pengaruh Kredit Sumber Daya Manusia dan Pemasaran Terhadap Kinerja UMKM Agroindustri (Studi Kasus di Kabupaten Probolinggo
Daftar Isi:
- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKMM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, selain berperan dalam pertumbuhan eknomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak UMKM. Pada saat ini UMKM di Kabupaten Probolinggo masih mengalami permasalahan modal, SDM dan pemasaran, yang dapat mempengaruhi kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara (pengaruh dan hubungan) kredit, SDM dan pemasaran terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Probolinggo. Metode penelitian ini mengunakan Generalized Structured Component Analysis (GSCA) dengan responden yang memiliki pernah memperoleh kredit dari pemerintah atau lembaga perbankan lainnya yang bergerak dalam bidang agroindustri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kredit tidak berpengaruh pada pemasaran UMKM dan kinerja UMKM. SDM berpengaruh pada pemasaran tetapi tidak berpengaruh pada kinerja UMKM. Pemasaran tidak berpengaruh pada kinerja UMKM. Model matematis dimodelkan dengan Y1= 0,227X1 + 0,592X2 dan Y2 = 0,3999X1+0,271X2+0,353Y1.. Nilai FIT dan AFIT sebesar 0,475 dan 0,454, yang menunjukan variasi variabel yang dapat dijelaskan oleh model sebesar 47,5% dan sisanya dijelaskan variabel lain yakni aspek teknis dan teknologi produksi, kebijakan pemerintah dan social budaya.