Analisis Positioning Produk Yoghurt dan Implikasi Terhadap Bauran Pemasaran Menggunakan Analisis Fishbein dan Biplot (Studi Kasus di PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa Batu)
Main Author: | Maulana, Erwin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/150240/1/Skripsi_-_115100301111050_Erwin_Maulana.pdf http://repository.ub.ac.id/150240/ |
Daftar Isi:
- PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa merupakan salah satu lembaga dari Kusuma Agrowisata dengan produk unggulan yang dimiliki adalah yoghurt. Penurunan penjualan yang disebabkan dengan adanya perubahan selera konsumen terhadap yoghurt, sehingga diperlukan analisis yang dapat mengetahui posisi suatu produk atau biasanya disebut analisis positioning. Tujuan penelitian ini adalah menentukan tingkat kepentingan konsumen terhadap produk yoghurt PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa. Menentukan positioning persaingan yang terbentuk antara yoghurt dipasaran dengan yoghurt pada PT Kusumasatria Agrobio Taniperkasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan analisis fishbein dapat diketahui bahwa atribut sangat penting adalah rasa, harga produk, harga jual, kandungan gizi, varian rasa, kemudahan memperoleh produk. Atribut berikutnya yang penting adalah tekstur, kepraktisan, kemasan, keterkenalan merek. Berdasarkan analisis biplot posisi YOGUKU, CIMORI, dan Heavenly Blush berada dalam kuadran yang berbeda. Berdasarkan Analisis Biplot posisi yoghurt YOGUKU cukup berjauhan dengan yoghurt CIMORI dan Heavenly Blush, hal ini menunjukkan bahwa mereka bukanlah pesaing terdekat yoghurt YOGUKU. Produk YOGUKU diposisikan konsumen sebagai minuman dengan rasa yang ditawarkan sesuai selera konsumen diimbangi dengan harga jual yang terjangkau